Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

RETRO: PSM Kalah dari Persija, Macz Man Sportif

By Caesar Sardi - Senin, 15 Juni 2015 | 14:18 WIB
The Jak dan Macz di Lebak Bulus, sahabat lama. (Dok. BOLA)

2 di leg pertama Copa Dji Sam Soe 2007 dari Persija, suporter PSM, Macz Man, tetap sportif dan mengakui kekalahan sebagai bagian dari sepakbola. Pentolan Macz Man bahkan saling rangkul dengan The Jakmania, suporter Persija, di Stadion Lebak Bulus, Jakarta.

"Sebelum partai ini dimulai kami bahkan sempat makan dan tidur bersama di markas Persija. Kami harap kemesraan ini bisa terus berlanjut," kata Daeng Uki, pentolan Macz Man.

Uki, yang hadir langsung mendukung Syamsul Chaeruddin cs., memang mendapat sambutan hangat dari The Jak. ''Kami selalu berharap supaya suporter Indonesia bisa bersatu. Tak ada lagi anarki seperti yang sering terjadi belakangan ini. Kalau bukan sekarang, kapan lagi kita berubah?'' ujar Uki.

Dari dulu The Jak dan Macz cukup akur. Awalnya dimulai di tahun 2000. The Jak yang datang jauh-jauh dari Jakarta disambut baik oleh Macz. ''Mudah-mudahan bukan cuma dengan Jakmania, tapi juga dengan suporter lain,'' jelas Uki.

Saat dijamu Persija, Macz bergabung dengan sekitar 100 orang suporter Makassar yang berdomisili di Jakarta. Sayang, The Jak belum bisa memastikan hadir di Makassar saat leg kedua (25/14). “Kami belum tahu apa bisa ke Makassar. Kalaupun ada, mungkin hanya perwakilan,” sebut Danang Ismartani, Ketua The Jak.

(Penulis: Jamaludin/Erwin Fitriansyah)