Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Pekerman: Dari Falcao Hingga Target Utama PD 2018

By Firzie A. Idris - Minggu, 31 Mei 2015 | 20:50 WIB
Jose Pekerman (Robert Cianflone/Getty Images)

Pelatih Kolombia, Jose Pekerman, memberikan konferensi pers terakhir sebelum James Rodriguez cs. berangkat ke Cili untuk persiapan tahap akhir jelang Copa America 2015 pada awal pekan ini. Berikut lima poin utama yang disadur El Tiempo dari konpers tersebut.

1. Falcao, pemain nomor satu dan kapten.

Pekerman sangat bergantung pada Falcao walau musim sang striker berjalan jauh dari harapan dengan Manchester United. "Tim menjadi lengkap dan hal tersebut terlihat di laga-laga kami. Radamel berintegrasi secara bagus dengan skuat," ujar Pekerman.

2. Kontinuitas Tim

Sang pelatih memang membuat delapan perubahan dari skuat Kolombia untuk Piala Dunia 2014. Namun, tujuh di antaranya karena keadaan memaksa (lima pemain cedera dan dua, Mario Yepes serta Faryd Mondragon, pensiun). Pelatih asal Argentina itu tampak punya pandangan jelas terhadap timnya dan kontinuitas pun terjaga.

3. Tim Pelatih

Menilik dari hal serupa, Pekerman mempunyai tim pelatih mapan yang telah bekerja bersamanya selama tiga tahun. Para asisten Pekerman sudah hafal dengan semua pemain timnas.

4. Performa Tetap Utama

Kendati beberapa anggota tim (seperti Falcao) kesulitan bermain di klub masing-masing, Pekerman tetap memanggil mereka jika para pemain tersebut bugar. "Hal terpenting adalah kondisi fisik mereka," tuturnya.

5. Target di Copa: Bukan Pijakan ke Rusia!

Setelah menembus hingga perempat final Piala Dunia 2014, El Tiempo mengutarakan bahwa target utama timnas Kolombia sekarang adalah PD 2018. Namun, hal ini bukan berarti turnamen di Cili hanya akan jadi batu pijakan. "Kami harus terus bertarung memperebutkan gelar, ini mentalitas yang terus kami implementasikan ke tim nasional," ujarnya lagi.