Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Tontowi/Liliyana Gagal ke Final

By Pipit Puspita Rini - Sabtu, 6 Juni 2015 | 14:48 WIB
Pebulu tangkis ganda campuran Indonesia, Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir, bersiap menerima servis dari pasangan Tiongkok, Liu Cheng/Bao Yixin, pada babak perempat final BCA Indonesia Open Superseries Premier 2015 di Istora Senayan, Jakarta, Jumat (5/6/2015) (PBSI)

16, 15-21, 18-21 dari pasangan Zhang Nan/Zhao Yunlei (Tiongkok), Sabtu (6/6/2015).

Tontowi/Liliyana membuka pertandingan dengan unggul 4-0. Zhang/Zhao berhasil mengejar lalu kedua pesangan bergantian memimpin. Setelah imbang 8-8, Tontowi/Liliyana kembali menjauh dan terus unggul hingga akhir gim.

Kedua pasangan kembali bersaing ketat pada awal gim kedua. Setelah beberapa kali imbang, Zhang/Zhao yang akhirnya berhasil lepas untuk memenangi gim ini.

Gim ketiga atau penentuan berjalan lebih menegangkan. Perolehan poin kedua pasangan berjalan ketat. Zhang/Zhao mampu unggul dua poin dengan 7-5, tetapi kembali terkejar.

Zhang/Zhao kembali membuka jarak dengan 15-13. Kali ini mereka tak memberi kesempatan Tntowi/Liliyana untuk mengejar. Ganda yang juga merupakan sepasang kekasih tersebut akhirnya menyudahi pertandingan dengan kemenangan dalam 71 menit.

"Pada gim pertama kami masih menghadapi beberapa kendala, sementara mereka (Tontowi/Liliyana) sudah terbiasa main di sini. Pada gim berikutnya kami bermain lebih cepat," kata Zhang Nan, usai pertandingan.

Kemenangan ini memperbesar keunggulan Zhang/Zhao atas Tontowi/Liliyana menjadi 10-5. Mereka selalu menang dalam lima pertemuan terakhir. Unggulan pertama tersebut melangkah ke final untuk menghadapi pemenang laga antara Joachim Fischer Nielsen/Christinna Pedersen (Denmark) dan Xu Chen/Ma Jin (Tiongkok).