Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Steve Kerr Berbohong Demi Satu Kemenangan Penting

By Eko Widodo - Sabtu, 13 Juni 2015 | 15:30 WIB
Steve Kerr, meminta maaf kepada para media usai mengganti starter pemain. (Getty Images)

Steve Kerr, pelatih Golden State Warriors dikenal sebagai sosok tegas dan jujur. Namun demi trofi juara NBA 2015, ia terpaksa berbohong tentang siapa yang akan diturunkan sebagai starter demi mengejar kemenangan. Warriors pun menang 103-82, Jumat (12/6) yang menyamakan kedudukan menjadi 2-2.

Kerr mengakui kebohongan itu di depan para wartawan, usai pertandingan. "Saya memang berbohong untuk starter Warriors," kata Kerr kepada ESPN.

Dua kali ia menjawab starter Warriors di sesi resmi media, latihan hari Kamis dan jumpa pers menjelang pertandingan. "Andrew Bogut bermain di posisi center," ucap Kerr.

Menjelang pertandingan, ia tetap membungkam strateginya. "Tidak ada perubahan pemain dalam starter," ucap Kerr, yang segera ditulis oleh media dari seluruh dunia.

Semua terkejut, termasuk BOLA, ketika mengikuti pengenalan pemain menjelang laga keempat, Jumat pagi. Andre Iguodala dipasang sebagai starter menggantikan Bogut. Warriors sudah bermain 101 kali sejak kompetisi reguler dan baru kali ini Iguodala menjadi starter.

Masuknya Iguodala benar-benar mengacaukan permainan Cavs, meskipun sempat memimpin 7-0 di kuarter pertama. Iguodala adalah spesialis defender dan pencetak angka inside-outside Warriors. Ia membuat 22 angka dalam 39 menit dimainkan.

"Kami kalah tempo dan irama permainan. Warriors menemukan irama itu setelah kehadiran Iguodala," ucap Kerr. Kerr punya tiga formasi starter namun lebih memilih formasi satu dimana Iguodala bermain di small forward.

Strategi Jitu

Penggantian Bogut dengan Iguodala dipuji LeBron James. "Sebuah strategi jitu. Iguodala bermain bagus dalam defense dan offense. Ia faktor X di laga keempat ini," puji LeBron.