Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

RETRO: Timnas U-19 Hindari Cedera

By Caesar Sardi - Kamis, 4 Juni 2015 | 13:39 WIB
Ilustrasi. (Dok. BOLA)

19 tengah memasuki persiapan akhir sebelum turun di Pra-Piala Asia U-19 di Vietnam mulai 6 November 2007. Tim Merah-Putih akan bertarung di Grup G melawan Australia, Korsel, Vietnam, dan Guam. Saat ini, Lucky Wahyu cs. tengah berlatih di kawasan Semplak, Bogor.

Sepulangnya timnas dari beruji coba melawan My Team Malaysia, pelatih Bambang Nurdiansyah sempat berencana akan mengagendakan uji coba terakhir melawan legiun asing di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta. Namun, akhirnya rencana itu dibatalkan.

“Kami putuskan akan melawan tim lokal yang tak terlalu berat di Bogor. Kami menghindari risiko cedera pemain karena waktu pertandingan sudah dekat,” ujar Bambang.

Sepulangnya dari Malaysia pekan lalu, sejumlah pemain kunci macam Egi Meigiansyah, Lucky Wahyu, atau Jayusman menderita cedera ringan. Bambang tak ingin keadaan mereka memburuk jika tetap mengagendakan uji coba seperti rencana awal.

“Biasa, anak muda. Kalau uji coba dimainkan di Senayan, pasti mereka akan tetap main ngotot. Ini yang kami hindari,” ucap Bambang.

“Rasanya pembatalan ini tak jadi masalah. Selama latihan pemain sudah diberi materi bagaimana menghadapi lawan bertubuh lebih tinggi seperti Australia dan Korsel,” kata Bambang.

“Tinggal persiapan akhir. Soal mental tak bisa dilatih. Tapi, pemain kita sudah punya modal ketika menghadapi My Team di Malaysia,” tambah Sudirman, asisten pelatih.

(Penulis: Erwin Fitriansyah)