Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Blanc: Prancis Wajib Juara Piala Eropa 2016

By Verdi Hendrawan - Kamis, 26 Maret 2015 | 12:15 WIB
Laurent Blanc (Paul Gilham/Getty Images)

Prancis yang akan menjadi tuan rumah Piala Eropa 2016, memiliki materi pemain yang sangat berkualitas di setiap lini. Hal ini membuat ekspektasi semua pihak yang berhubungan dengan sepak bola Tim Ayam Jantan menjadi juara sangat layak.

Harapan ini juga puncul dari mulut mantan anggota timnas Prancis, Lautent Blanc. Pelatih Paris Saint-Germain itu melihat bahwa tidak ada alasan bagi Les Blues untuk tidak meraih gelar juara dengan pemain yang dimiliki, terlebih berstatus sebagai tuan rumah.

"Kami memiliki pemain baru dari generasi yang sangat baik. Hampir semua dari mereka merupakan pemain utama di klub-klub besar Eropa. Mereka mendapatkan banyak pengalaman berharga," kata Blanc kepada UEFA.com.

Penampilan positif Prancis ini juga telah terlihat di Piala Dunia 2014 di Brasil. Negeri Menara Eiffel itu tersingkir oleh Jerman yang akhirnya menjadi juara dunia hanya dengan skor tipis, 0-1.

Pujian sempat mengalir, terutama kepada penampilan hebat yang ditunjukkan Karim Benzema, Paul Pogba, dan Antoine Griezmann. Dengan bertaburnya para pemain muda penuh harapan, pengalaman mereka di Brasil 2014 tentu akan membuat Prancis menjadi lebih kuat di Piala Eropa 2016, terlebih bertanding di depan pendukungnya sendiri.

"Saya berpikir bahwa beberapa perubahan positif telah terjadi di dalam skuat akhir-akhir ini. Tentu saja bermain di kandang akan menambahkan tekanan yang lebih besar, namun kondisi itu juga dapat membantu para pemain untuk mencoba mengeluarkan kemampuan lebih dari yang mereka miliki," lanjut bek tengah yang sukses membawa Prancis juara Dunia 1998 itu.