Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

RETRO: Target City Selanjutnya adalah Piala UEFA

By Caesar Sardi - Rabu, 10 Juni 2015 | 16:50 WIB
Thaksin Shinawatra. (Ryan Pierse/Getty Images)

Pemilik Manchester City, Thaksin Shinawatra, mengaku terkejut melihat awal spektakuler yang dicatat klubnya. Ia meyakini telah membangunkan a sleeping giant. Imbasnya ia merevisi target, yang semula hanya masuk 10 besar menjadi lolos ke antarklub Eropa.

Mantan Perdana Menteri Thailand itu yakin bahwa 81 juta pound atau sekitar 1,5 triliun rupiah yang dikucurkan untuk membeli The Citizen akan membawa klubnya lolos ke Piala UEFA. Ia bahkan percaya timnya bisa juara di ajang tersebut.

“Ketika pertama kali diskusi untuk membeli Manchester City, kami berharap bisa masuk 10 besar, tapi kini saya kira bisa lolos ke Piala UEFA,” kata Thaksin dalam wawancara di ESPN.

Sosok yang berada di Inggris dalam status pengasingan tersebut membeli City pada Juli silam atau 10 bulan setelah kekuasaannya dikudeta militer Thailand dengan tuduhan korupsi. Thaksin lantas mengontrak mantan pelatih Inggris, Sven-Goran Eriksson, dan mengeluarkan sekitar 40 juta pound untuk belanja pemain.

Hasilnya, City kini berada di posisi ketiga di klasemen, selalu menang dalam tujuh partai kandang di Premier League, serta lolos ke perempatfinal Carling Cup. “Ada perpaduan antara pemain lama dan baru. Ada sebuah chemistry. Mereka bermain bersama. Ada semangat tim yang bagus. Segalanya datang bersama begitu cepat.”

(Penulis: Yudhi F. Oktaviadhi)