Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Pasukan Persib Jalin Keakraban di Kolam Ikan

By Tulus Muliawan - Kamis, 18 Juni 2015 | 18:50 WIB
Para pemain Persib menceburkan diri ke kolam ikan. (Budi Kresnadi/BOLA)

Manajer Persib, Umuh Muchtar, rupanya punya cara tersendiri untuk memberikan hiburan buat penggawa Maung Bandung di tengah kondisi sepak bola Indonesia yang serba tidak pasti.

Sehari sebelum bulan suci Ramadhan, Umuh mengundang tim Persib bersama keluarga masing-masing ke kediamannya di kawasan Tanjungsari untuk bersilaturahmi menjelang bulan puasa. Momen semacam ini biasa disebut munggahan dalam tradisi warga Jawa Barat.

Selain silaturahmi sambil makan bersama, Atep dkk juga diajak menceburkan diri ke kolam ikan untuk menangkap ikan dengan tangan kosong.

"Khusus untuk pemain Persib, saya sudah mengisi kolam ini dengan empat kuintal ikan. Silahkan ambil sebanyak-banyaknya, tetapijangan menggunakan alat," ujar Umuh.

Sebelumnya, di kolam yang berbeda, Umuh telah menggelar kegiatan serupa yang diikuti ratusan warga setempat. Ia mengaku kegiatan tersebut merupakan tradisi yang digelarnya setiap tahun, tepat sehari menjelang bulan Ramadhan.

Pemain, pelatih, serta wartawan peliput Persib langsung nyebur ke kolam ikan yang airnya sudah dikurangi jadi tinggal selurut orang dewasa. Bahkan, Umuh pun tak ketinggalan ikut nyebur ke kolam berlumpur itu.

Suasana riang tergambar di kolam berlumpur itu. Mereka saling berebut menangkap ikan yang mulai mabuk karena airnya mulai keruh.

"Terima kasih kepada pak haji (Umuh). Kegiatan seperti ini bagus untuk hiburan menghilangkan kepenatan di tengah carut marut sepak bola Indonesia sekaligus merekatkan keakbaran tim Persib," ujar pelatih Persib, Djadjang Nurdjaman.