Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Widodo C Putro Beri Wejangan buat Pemain Muda

By Tulus Muliawan - Selasa, 9 Juni 2015 | 20:20 WIB
Widodo C Putro, memberi wejangan buat pemain muda. (Sahlul Fahmi/Bolanews)

an, Widodo Cahyono Putro, berpesan agar para pemain muda untuk terus meningkatkan kualitas. Peningkatan kualitas yang dimaksud Widodo adalah para pemain harus berlatih lebih keras agar skill bisa bertambah.

Jika kemampuan bertambah, maka akan mempengaruhi performa bertanding bagi pemain. Ujung-ujungnya pemain bisa dihargai secara layak oleh klub. Motivasi tersebut muncul dari Widodo untuk menyikapi kondisi sepak bola saat ini yang sedang dalam masa sulit.

“Saat seperti sekarang untuk pemain dengan kualitas yang bagus tentu tak sesulit pemain yang kualitasnya pas-pasan. Sebab, pemain berkualitas tentu kontraknya jauh lebih mahal, sementara untuk pemain dengan kualitas pas-pasan nilai kontrak yang diterimanya juga sedikit,” kata mantan pelatih Persepam itu.

Lebih lanjut, Widodo mengatakan bahwa dengan nilai kontrak yang besar, seorang pemain bisa memiliki tabungan, sehingga saat terjadi masalah seperti ini maka kondisi keuangannya tidak terlalu terganggu. Ini berbeda dengan pemain dengan kualitas pas-pasan dengan nilai kontrak yang kecil.

“Untuk pemain dengan kontrak yang kecil, jangankan untuk menabung, untuk bisa bertahan saja itu sudah bagus,” lanjut pria asal Cilacap itu.

Untuk itu, dirinya berpesan bahwa para pemain tak boleh berpuas diri dengan kemampuannya saat ini. Sebab dengan berpuas diri maka kemampuan pemain tidak akan bisa berkembang. Yang terpenting juga dalam menyikapi kondisi sepak bola Indonesia saat ini para pemain juga jangan sampai frustrasi.

“Kondisinya memang sedang tidak bagus, tapi sebagai pemain jangan mudah mengeluh. Tetap bersikap professional dengan menjaga stamina fisik serta meningkatkan latihan agar saat kompetisi kembali digelar nilai kontrak juga ikut meningkat,” imbuh pria kelahiran 8 November 1970 tersebut.