Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Duo Manchester Berebut Gelandang Roberto Firmino

By Pipit Puspita Rini - Selasa, 16 Juni 2015 | 06:23 WIB
Roberto Firmino (Daniel Kopatsch/Getty Images)

Manchester United dan Manchester City dikabarkan tengah mengincar pemain yang sama yaitu gelandang serang Hoffenheim, Roberto Firmino. Seperti yang dikabarkan Bild, United lebih dahulu mencoba peruntungan mereka untuk memiliki pemain asal Brasil tersebut.

Harga Firmino dikabarkan berada pada kisaran 30 juta euro (sekitar RP 451 miliar). Jika melihat kekuatan finansial United dan City, harga tersebut tidak akan terlalu memberatkan.

Selain dua klub raksasa asal Manchester tersebut, Liverpool juga dipercaya memiliki ketertarikan yang sama terhadap Firmino. Namun, kegagalan lolos ke Liga Champion dan kekuatan finansial yang tidak cukup kuat, membuat The Reds dalam posisi sulit untuk bersaing dengan United dan City.

United disebut punya peluang lebih besar untuk mendapatkan Firmino. City saat ini tengah terganjal aturan Financial Fair Play yang membuat mereka harus menyeimbangkan antara pemasukan dan pengeluaran.

Pada sepanjang 2014-15, penampilan Firmino sebenarnya tidak sebaik musim sebelumnya. Tujuh gol yang berhasil ia persembahkan untuk Hoffenheim di Bundesliga merosot jauh dari perolehannya musim lalu, yaitu 16.

Namun, sebagai gelandang Firmino memiliki jumlah assist yang cukup banyak. Dalam dua musim terakhir, pemain 23 tahun tersebut berhasil mencatat 21 umpan bagi rekan-rekannya untuk mencetak gol. Jumlah tersebut hanya tertinggal lima angka dari koleksi gelandang Wolfsburg, Kevin De Bruyne, yang menjadi raja assist pada 2014-15.