Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

RETRO: Wenger Dikritik Platini

By Caesar Sardi - Senin, 8 Juni 2015 | 18:38 WIB
Arsene Wenger, tak disukai Platini. (Phil Cole/Getty Images)

Kebijakan Arsene Wenger dalam merekrut para pemain muda di Arsenal mendapat kritik keras dari Presiden UEFA, Michel Platini. Wenger memiliki reputasi sebagai salah satu sosok yang sangat jeli dalam mendapatkan pemain muda berbakat seperti Cesc Fabregas, Theo Walcott, atau pemain muda berbakat lain asal Barcelona, Fran Merida.

Namun, Platini mencela kebijakan Wenger dalam pasar transfer tersebut. “Saya tidak suka sistem Arsene Wenger. Di Prancis, Italia, dan Spanyol sangat mudah dengan uang membeli para pemain terbaik berusia 14, 15, atau 16 tahun. Jika klub-klub kuat membeli pemain-pemain terbaik usia 15 atau 16 tahun, itu akan mematikan semua klub di Eropa,” kata Platini kepada Guardian.

“Jika anak saya bermain di Millwall dan pada usia 16 tahun kemudian Manchester (United) datang untuk membelinya, lantas kapan klub Millwall akan menjadi tim bagus?” lanjut mantan pemain internasional Prancis tersebut.

Pembelian Wenger termasuk Gilles Sunu, yang dikontrak di usia 16 tahun dari klub Prancis, Chateauroux, pada tahun ini. Carlos Vela, penyerang asal Meksiko, juga dua tahun lalu dibeli saat berumur 16 tahun dari Chivas de Guadalajara dan sekarang dipinjamkan ke Osasuna, Spanyol. Pada 1999, Wenger pernah mendatangkan Jermaine Pennant saat berusia 15 tahun dari Notts County.

(Penulis: Yudhi F. Oktaviadhi)