Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Hadapi Portugal, Italia Dirundung Badai Cedera

By Senin, 15 Juni 2015 | 19:12 WIB
Gianluigi Buffon, cedera saat menciptakan rekor. (Getty Images)

Rekor dicatat oleh Gianluigi Buffon kala membela Italia di laga versus Kroasia. Ia menjadi pemain pertama yang mencatat 50 penampilan di kualifikasi dan babak utama Euro.

Pencapaian tersebut kian istimewa lantaran diikuti aksi gemilang Buffon menghentikan penalti striker Kroasia, Mario Mandzukic. Bersama Gli Azzurri, Buffon telah lima kali melakukan penyelamatan penalti, empat diantaranya terjadi di partai resmi.

Hanya, duel melawan Kroasia juga menyisakan kesialan bagi Buffon. Kiper Juventus itu harus ditarik keluar pada jeda babak lantaran mengalami cedera.

“Buffon menderita luka parah pada lututnya. Saya bahkan harus memberikan 10 jahitan,” kata ketua staf medis Gli Azzurri, Enrico Castellacci, di Football Italia.

Luka Buffon disebabkan oleh terjangan sepatu Mario Mandzukic pada saat striker Kroasia itu menciptakan gol pembuka laga.
Buffon dipastikan tak akan bisa bermain di partai berikut Italia melawan Portugal, Selasa (16/6).

Cedera lebih parah melilit bek Lorenzo De Silvestri. Ia hanya sanggup merumput selama 27 menit lantaran mengalami kerusakan ligamen lutut. De Silvestri diperkirakan harus absen hingga enam bulan. Alhasil, skuat Italia kian menipis.

Saat beruji coba dengan Portugal di Geneva, Swiss, pelatih Italia, Antonio Conte, dipastikan juga tak bisa memakai jasa Daniele De Rossi. Ia dipulangkan dari pemusatan latihan tim lantaran mengalami cedera lutut.

Tercatat ada enam pemain Italia yang tumbang lantaran cedera. Sebelum, Buffon, De Silvestri, dan De Rossi, Conte telah lebih dahulu memulangkan trio Andrea Barzagli, Simone Zaza, dan Marco Verratti.