Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

RETRO: Timnas Piala Asia Berusaha Mengusir Jenuh

By Caesar Sardi - Selasa, 17 Maret 2015 | 13:30 WIB
Ilustrasi. (Dok. BOLA)

Setelah menjalani kompetisi dengan jadwal superpadat, pemain yang dipanggil ke pelatnas Piala Asia langsung berlatih di Samarinda. Tak heran kejenuhan melanda mereka setelah tiga pekan berkumpul.

Menu latihan ala Ivan Kolev yang diisi peningkatan stamina juga berpotensi menambah kejenuhan. Pasalnya, pemain lebih banyak digenjot melalui latihan fisik dan fitnes ketimbang bermain di lapangan.

Untuk mengusir rasa bosan, Kolev sempat mengajak pasukannya refreshing dengan cara menonton film Spiderman 3 di bioskop saat jeda latihan. Sejumlah pemain mengatasi kebosanan dengan cara lain.

”Paling jalan ke mal sebentar kalau sudah benar-benar bosan. Sekadar cari suasana lain saja,” sebut Atep, gelandang asal Persija. ”Kalau waktunya ada biasanya kami main biliar sebentar. Lumayan untuk penyegaran,” komentar Supardi, bek asal PSMS.

Asisten pelatih Syamsuddin Umar menyebut pemain juga diajak rekreasi ke Tenggarong. Selain itu, menu latihan yang sekarang mulai bervariasi diharap tetap bisa menjaga konsentrasi pemain.

”Minggu pertama latihan fisik dan fokus pada perut ke atas. Minggu kedua ganti perut ke bawah. Setelah itu kita mulai uji coba lawan tim lain setelah sebelumnya mereka hanya bermain gim antar pemain saja,” jelas Syamsuddin.

Di partai uji coba yang digelar Sabtu (19/5) timnas menang 7-0 atas Samarinda Selection dan 2-0 dari tim Pra-PON Kaltim. Meski menang, Kolev tak terlalu mempermasalahkan hasil.

”Ini uji coba pertama setelah pemain digenjot latihan fisik. Kerja sama pemain dan hasil yang dicapai belum bisa dijadikan ukuran,” kata Kolev.

(Penulis: Erwin Fitriansyah)