Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Sepatu dan Sarung Tangan Emas Milik Aguero-Hart

By Wisnu Nova Wistowo - Senin, 25 Mei 2015 | 03:19 WIB
Sergio Aguero (Getty Images)

Chelsea merupakan juara Premier League musim 2014/15. Akan tetapi, status peraih Sepatu Emas dan Sarung Tangan Emas justru diraih dua penggawa Manchester City, yakni Sergio Aguero dan Joe Hart.

Sergio Aguero berhak atas status tersebut setelah mencetak 26 gol. Jumlah itu membuatnya berada di posisi teratas daftar pencetak gol terbanyak.

Gol ke-26 Aguero bahkan tercipta di pertandingan terakhir musim ini saat Man. City menang 2-0 atas Southampton di Etihad Stadium, Minggu (24/5).

Bomber asal Argentina itu unggul lima gol dari pesaing terdekatnya, Harry Kane (21 gol). Di urutan ketiga ditempati Diego Costa yang mengemas 20 gol.

Meski tidak bertatus sebagai kiper yang paling sedikit kebobolan Joe Hart tetap berhak atas penghargaan Sarung Tangan Emas musim ini. Tidak kebobolan di laga pamungkas melawan Southampton membuatnya mencatatkan 14 clean sheet sepanjang musim.

"Saya bangga bisa mendapatkan Sarung Tangan Emas. Akan tetapi, Fraser Forster bisa saja memenanginya apabila tidak mengalami cedera. Ini merupakan penghargaan individu dalam sebuah musim yang mengecewakan," ujar Hart.

Musim ini The Citizens gagal memenangi satu gelar pun. Padahal musim lalu mereka mampu memenangi dua gelar di Premier League dan Piala Liga.