Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

RETRO: Piala FA Asli Digondol Maling

By Caesar Sardi - Senin, 16 Maret 2015 | 16:38 WIB
Piala FA. (Stu Forster/Getty Images)

laga “tarkam”, antarkampung, yang tidak jelas aplikasi aturannya.

Usul ini disetujui secara aklamasi oleh para anggota FA tiga bulan kemudian. Walhasil pada November tahun itu digulirkan The Football Association Challenge Cup pertama dengan diikuti 15 klub.

Pada partai puncak di Kennington Oval yang disesaki dua ribu penonton, Wanderers keluar sebagai juara dengan memukul Royal Engineers 1-0 lewat gol Morton Betts. Wanderers adalah klub bentukan sejumlah alumnus sekolah umum di London dan mahasiswa yang masih aktif kuliah.

Trofi yang diperebutkan saat itu ukurannya lebih kecil dibanding Piala FA yang kita kenal sekarang, tapi memiliki bentuk yang persis sama. Piala tersebut dibuat oleh sebuah perusahaan pengolah logam, Messrs Martin, dengan bayaran 20 pound (kini setara Rp 347 ribu).

Sesaat setelah Aston Villa merebut piala ini di 1895, piala tersebut raib digondol maling yang menjebol etalase trofi di markas The Villans di Birmingham. Hingga kini piala tersebut tidak ditemukan.

Trofi yang diperebutkan saat ini adalah sebuah replika yang dibuat pada tahun 1992. Jumlah total replika Piala FA hingga saat ini adalah empat buah dan pernah digenggam 42 klub yang menjuarainya.

(Penulis: Darojatun)