Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Final NBA 2015: Delly Bersedia Korbankan Diri

By Eko Widodo - Kamis, 11 Juni 2015 | 07:29 WIB
Matthew Dellavedova, dua kali terjungkal ke penonton demi menyelamatkan bola. (Cleveland Plain Dealer)

Matthew Dellavedova kembali menjadi buah bibir. Guard asal Australia menjadi bintang Final NBA 2015 gim ketiga, Rabu (10/6) saat Cleveland Cavaliers menang 96-91 di Quicken Loan Arena. Cavs memimpin sementara 2-1.

Delly dimainkan 39 menit dengan 20 angka 5 rebound 4 assist. Ia pun dilarikan ke rumah sakit usai pertandingan karena kram. Della pun mendapatkan tindakan IV (intravenous) di kamar ganti. Intravenous adalah memasukkan cairan langsung ke pembuluh vena untuk menggantikan cairan yang hilang akibat overuse atau overtraining Dellavedova.

"Kami akan mengupdate statusnya Kamis (11/6). Untuk sementara ia tidak bisa diwawancara karena mendapatkan tindakan pemulihan," ucap jurubicara Cavaliers kepada ESPN.

Delly melakukan dua tindakan penyelamatan spektakuler. Ia tak takut ada badan dengan David Lee, Draymond Green sekalipun. Delly juga tak takut membuang badan untuk menyelamatkan bola. Tercatat ia dua kali menghantam kursi penonton untuk urusan itu.



"Ia memang seorang pemberani. Ia bekerja keras mengejar dan defense pada Stephen Curry. Ia juga tak melewatkan possesion dikuasai lawan, walaupun ia harus mengorbankan badannya," puji LeBron James, forward Cavs yang berkontribusi 40 angka 12 rebound 8 assist.

Sama seperti gim kedua, Cavaliers menurunkan tempo permainan dan menggunakan shot clock 24 detik. Warriors di akhir kuarter ketiga sempat tertinggal sebelum menipiskannya menjadi hanya 1 angka di kuarter keempat. Namun untunglah ada Delly dan LeBron yang tampil menggila di saat genting.

Meskipun kalah, Stephen Curry menemukan irama bermain kembali. Curry mencetak 27 angka, sebagian besar di babak kedua. "Mereka bermain ngotot. Namun, kabar baiknya saya menemukan irama permainan kembali," ucap Curry.

Kedua tim bertemu lagi di laga keempat, Jumat (12/6) WIB.