Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Persebaya Tahan Putusan soal Pemain Asing

By Aning Jati - Minggu, 15 Maret 2015 | 20:28 WIB
Emile Mbamba masih harus menunggu keputusan Ibnu Grahan. (Fahrizal Arnas/Bolanews)

hoo dan Emile Mbamba. Pasalnya, pelatih Persebaya, Ibnu Grahan, kembali menunda keputusannya menentukan salah satu di antara kedua pemain itu.

Sebelumnya, Persebaya akan memberi kepastian terkait dua pemain asing seleksi itu usai tur Jateng. Namun, hingga kini tim berjulukan Bajul Ijo itu tak juga menjatuhkan keputusan. Padahal, kick-off LSI 2015 semakin dekat.

Ibnu mengungkapkan sengaja menunda keputusannya karena pada uji coba terakhir melawan PSCS Cilacap (8/3) tidak berjalan sesuai rencana. Sebab, pada pertandingan itu kemampuan kedua pemain asing tersebut tidak maksimal menyusul kepemimpinan wasit yang cenderung membela tuan rumah.

Ibnu sebenarnya akan mengumumkan nasib kedua pemain itu pada Selasa (17/3). Hanya, karena tak ingin salah pilih, Ibnu kembali meminta waktu lebih lama untuk menilai keduanya.

"Belum ada keputusan soal Kim dan Mbamba. Untuk mengambil keputusan kami harus menimbang banyak aspek teknis maupun nonteknis. Kami akan tentukan setelah turnamen segitiga di Ciamis," sebut Ibnu.

Persebaya dijadwalkan mengikuti turnamen segitiga di Ciamis pada 20-24 Maret. Di turnamen inilah Ibnu yakin bisa memberikan penilaian yang fair terhadap keduanya.

Terlepas dari itu, sejauh ini kontribusi Kim masih kalah dibanding Mbamba. Dalam empat kali uji coba terakhir, Mbamba sudah mencetak tiga gol, sementara Kim hanya dua gol. Hanya selisih satu gol inilah yang disebut-sebut sebagai penyebab Ibnu sangat hati-hati dalam memilih.