Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Kenal Lebih Dekat - Pangeran Ali bin Hussein

By Firzie A. Idris - Jumat, 29 Mei 2015 | 14:02 WIB
Pangeran Ali bin Hussein, punya latar belakang militer. (ADRIAN DENNIS / AFP)

Pada hari Jumat (29/5) ini pada pukul 09.30 waktu Swiss, FIFA akan membuka Kongres demi mengadakan pemilihan presiden mereka untuk masa bakti empat tahun ke depan. Kandidat ada dua, Sepp Blatter dan Pangeran Ali. Semua kenal Blatter tapi siapakah Pangeran Ali?

Siapakah Dia?
Pangeran Ali adalah putra ketiga dari mendiang Raja Hussein dari Yordania dan adik raja Yordania kini, Raja Abdullah II. Pangeran Ali lahir di Amman, Jordan, 23 Desember 1975.

Latar Belakang
Kariernya berlatar belakang militer. Sang pangeran merupakan lulusan Akademi Militer Sandhurst di Inggris Raya dan menjadi seorang perwira pada 1994. Pangeran Ali sempat memperkuat Pasukan Khusus Yordania dan kini masih memegang pangkat Brigadir.

Kapasitas di Sepak Bola
Ia adalah Presiden Asosiasi Sepak Bola Yordania dan satu dari tujuh wakil presiden FIFA. Pangeran Ali mewakili Asia sejak Januari 2011. Ia juga merupakan kepala Federasi Sepak Bola Asia Barat. Salah satu prestasi terbesarnya adalah mengangkat larangan wanita memakai hijab saat bermain sepak bola pada 2010.

Apa Agendanya?
Pangeran Ali mengaku ingin menjadi agen perubahan FIFA. Walau merupakan anggota status quo, ia tidak berniat tinggal lebih dari satu kali masa jabatan di institusi tertinggi sepak bola dunia tersebut. “Saya ingin masuk, membuat perubahan yang diperlukan, dan keluar dari jalan perubahan,” ujarnya seperti dikutip Sky News.

Kutipan Pangeran Ali:

Kami ingin mencapai hari di mana publik tidak tahu siapa lagi presiden FIFA. Ketika itu terjadi, kita akan tahu bahwa organisasi ini dijalankan dengan benar dan dengan prioritas tepat.”