Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

RETRO: Barca Melepas Messi-Dependencia

By Caesar Sardi - Senin, 8 Juni 2015 | 18:30 WIB
Thierry Henry, akan tampil lebih bugar karena baru beristirahat. (Ryan Pierse/Getty Images)

Alokasi beban yang tidak merata dianggap sebagai salah satu alasan mengapa kiprah Barcelona musim ini tak terlalu mulus. Setidaknya, inilah yang dirasakan Carles Puyol, el capitan Los Azulgranas.

Menurut Puyol, terkadang tuntutan publik agar beberapa individu tampil memukau di setiap laga sangat besar. Dalam hal ini, bek tengah timnas El Matador itu mengacu pada figur Ronaldinho dan Lionel Messi.

Pria kelahiran La Pobla de Segur, 29 tahun silam, ini mencoba menunjukkan korelasi signifikan antara aksi Dinho maupun Messi yang memikul beban ekstra dengan penampilan Barca yang tidak maksimal.

“Saya selalu menerangkan bahwa Ronaldinho atau Messi tak selalu bisa bermain sempurna. Ada kalanya mereka tampil di bawah form. Jadi, jangan terlalu menyudutkan jika mereka tampil kurang baik karena efeknya bisa negatif,” ujar Puyol.

Di mata Puyol, sepanjang tiga musim ke belakang, Dinho berkontribusi spektakuler karena bisa bermain lepas tanpa beban berarti. Kinerjanya mulai menurun karena munculnya asa tinggi dari Barcelonistas.

Di musim ini, peran Dinho sebagai sosok sentral mulai beralih ke Messi. Messi-dependencia alias ketergantungan akan Messi tampak beralasan jika kita melihat fakta di mana penyerang Argentina ini duduk sebagai pemuncak klasemen el pichichi.

Puyol pun khawatir jika dengan pengharapan yang sama tinggi seperti yang diarahkan pada Dinho, Messi akan terbebani. “Kejadian yang dialami Dinho tak boleh terulang. Jika ada beban, satu tim yang harus memikulnya.”

Momentum Henry

Ahad (4/11), Barca akan menjamu Real Betis di Camp Nou. Secara historis, Los Verdiblancos jarang menyulitkan Barca jika merumput di tanah Catalonia. So, harapan untuk meraup tiga angka mudah pastinya diapungkan Barcelonistas.

Inilah momen tepat untuk mengalihkan beban publik itu dari pundak Messi dan mulai mendistribusikannya ke seluruh personel tim. Thierry Henry mengaku siap berpartisipasi dalam “meringankan beban” Messidona.

“Ini semua hanya masalah beban karena Barcelona selalu dituntut bermain bagus di setiap laga. Saya pikir kami tak bermain seburuk yang dikatakan orang. Saya harus membuktikan bahwa anggapan ini salah,” kata Henry.

Henry sendiri akan tampil sedikit lebih bugar karena baru beristirahat pada laga midweek kontra Real Valladolid, Kamis (1/11). Wajar ia cukup ngotot untuk memberi bukti pada publik Camp Nou.

Masalahnya adalah apakah Henry mampu. “Memang, saya belum memperlihatkan permainan terbaik. Saya baru mencetak empat gol, tapi sudah memberi tiga assist. Jadi bentuk bantuan saya tak harus berupa gol, bukan?

(Penulis: Sapto Haryo Rajasa)