Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Tandukan Keita Memberikan Keuntungan untuk Roma

By Wisnu Nova Wistowo - Jumat, 13 Maret 2015 | 05:04 WIB
Seydou Keita (Getty Images)

1. Seydou Keita tampil sebagai penyelamat Roma dari kekalahan setelah Fiorentina lebih dulu unggul lewat gol Josip Ilicic.

Fiorentina yang mengandalkan Josip Ilicic dan Mohamed Salah di lini depan memperlihatkan permainan agresif sejak menit pertama. Serangan-serangan yang dibangun anak asuh Vincenzo Montella juga tampak lebih mengancam.

Benar saja pada menit ke-17 tim tuan rumah mampu memecahkan kebuntuan. Berawal dari pergerakan Salah dan mengumpan bola ke Ilicic berujung dengan terciptanya gol. Fiorentina pun unggul 1-0.

Roma memperlihatkan upaya mencetak gol balasan, namun di saat bersamaan Fiorentina juga terus memberikan ancaman. La Viola pun tetap unggul 1-0 hingga paruh pertama berakhir.

Di babak kedua Roma mendapatkan kesempatan emas untuk bisa menyamakan kedudukan. Ya, pelanggaran yang dilakukan Neto di dalam kotak penalti terhadap Juan Manuel Iturbe membuat wasit akhirnya memutuskan untuk memberikan hadiah penalti untuk I Lupi.

Namun Adem Ljajic yang tampil sebagai eksekutor gagal memaksimalkan kesempatan langka tersebut. Bola hasil sepakannya sanggup dimentahkan Neto.

Pasukan Rudi Garcia yang mulai lebih agresif dalam menggencarkan serangan akhirnya mampu menyamakan kedudukan 1-1 pada menit ke-77. Adalah Seydou Keita yang berhasil menciptakan gol penyeimbang skor lewat tandukan yang berawal dari sepak pojok Alessandro Florenzi.

Hasil imbang 1-1 tentu lebih menguntungkan AS Roma dalam upaya perebutan satu tiket ke perempat final Liga Europa. Pasalnya, di partai penentuan I Lupi akan tampil sebagai tuan rumah menjamu Fiorentina di Stadion Olimpico.

Susunan pemain:
Fiorentina: 1-Neto; 2-Gonzalo Rodriguez, 19-Jose Basanta, 28-Marcos Alonso, 40-Nenad Tomovic; 5-Milan Badelj, 7-David Pizarro (14-Matias Fernandez 45), 20-Borja Valero (10-Alberto Aquilani 72); 17-Joaquin, 72-Josip Ilicic, 74-Mohamed Salah.

Roma: 28-Lukasz Skorupski; 2-Mapou Yanga-Mbiwa, 25-Jose Cholevas, 35-Vasileios Torosidis; 44-Kostas Manolas (23-Davide Astori 26), 4-Radja Nainggolan, 16-Daniele de Rossi (15-Miralem Pjanic 23), 20-Seydou Keita; 7-Juan Manuel Iturbe, 8-Adem Ljajic (27-Gervinho 75), 24-Alessandro Florenzi.