Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Hal-hal yang Membuat Buffon Takjub dengan Allegri

By Firzie A. Idris - Senin, 1 Juni 2015 | 20:38 WIB
Massimiliano Allegri (kanan), memiliki beberapa kemampuan yang membuat Gianluigi Buffon takjub. (VALERY HACHE/GETTY IMAGES)

Sebelum berlaga di final Liga Champion menghadapi Barcelona pada Minggu (7/6) dini hari WIB, Juventus telah lebih dulu mengamankan Serie A dan Coppa Italia. Semua ini dipercaya oleh Gianluigi Buffon bisa terjadi berkat pengaruh besar dan kemampuan pelatih Massimiliano Allegri.

Buffon mengaku takjub dengan beberapa hal yang berhasil dilakukan Allegri di musim pertamanya bersama Juventus.

Hal terpenting dari yang dimiliki pelatih berusia 47 tahun itu adalah cara beradaptasi serta pengetahuan taktisnya dalam meracik formasi dan permainan.

"Apa yang paling membuat saya terkesan adalah kecerdasan Allegri dalam hal membaur dengan skuat dan mencoba untuk mencari tahu. Bukan hanya tentang kualitas teknis kami, tapi juga mentalitas dan moral dari tim serta masing-masing pemain," kata Buffon kepada UEFA.com.

"Dengan melakukan hal ini, saya pikir dia telah terintegrasi dengan baik. Jadi dia benar-benar sangat cerdas dalam hal ini dan melakukannya dengan baik."

"Pengetahuan taktis dia juga luar biasa setelah bertahun-tahun bermain dengan sistem tertentu. Ia berhasil memberikan kami alternatif dan bermain dengan lebih baik, meskipun ia tidak benar-benar mengubah kami dengangaya bermain kami sebelumnya."