Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Rentan Serangan Udara di Old Trafford

By Firzie A. Idris - Kamis, 14 Mei 2015 | 19:14 WIB
Marouane Fellaini, gelandang tertangguh di udara. (Clive Brunskill/Getty Images)

Kendati memiliki bek jangkung dalam diri Per Mertesacker, sepertiga lebih gol kebobolan Arsenal di Premier League datang dari sundulan.

Jumlah persisnya menurut London Evening Standard adalah 35,3 persen. Kelemahan itu terbukti dieksploitasi oleh lawan-lawan mereka dengan satu dari lima usaha yang mengarah ke gawang David Ospina berasal dari kepala pemain musuh - rasio terbesar kedua di liga.

Sebaliknya, tim yang paling bisa menangkal serangan udara adalah Southampton. Hanya 6,7 persen gol kebobolan pasukan Ronald Koeman berasal dari udara.

Statistik Arsenal ini bisa menjadi kelemahan berbahaya kala bertandang ke Manchester United pada Minggu (17/5). Marouane Fellaini mendatangkan ancaman terbesar dari udara.

Pemain timnas Belgia tersebut mencatatkan 16 usaha ke gawang lawan dengan kepala, terbanyak dari semua gelandang di Premier League.

Man. United telah membukukan 13 gol sundulan musim ini, lebih banyak tiga dari Arsenal walau Setan Merah memenangkan persentase duel udara lebih sedikit (49,09%) ketimbang Arsenal (54,23%).