Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Taipan Malaysia ini Beli Klub Papan Atas Belgia

By Suryo Wahono - Rabu, 13 Mei 2015 | 22:34 WIB
Vincent Tan, sudah punya empat klub sepak bola. (Getty Images/Ilustrasi)

Pemilik Cardiff City, Vincent Tan dikabarkan telah membeli klub Belgia dari divisi pertama, KV Kortrijkt. Miliarder asal Malaysia itu diperkirakan membayar sekitar lima juta Euro. Kortrijkt saat ini di posisi kelima klasemen di liga teratas Belgia dengan sisa tiga pertandingan.

Ini adalah klub sepak bola keempat bagi Tan, setelah sebelumnya dia membeli Blue Birds (Sarajevo) serta saham minoritas di Los Angeles FC. Dia juga menempatkan orang kepercayaannya dari Cardiff City, Ken Choo, untuk menjadi direktur Kortrijk.

Menurut Choo dalam sebuah pernyataan, keluarga De Gryse dan Tan Sri Vincent Tan memprioritaskan pencapaian lokal dan ingin mengamankan ambisi menjadikan Kortrijk sebagai liga profesional untuk jangka panjang.

Para suporter setia klub itu sempat khawatir identitas tim kebanggaan mereka bakal diubah, seperti dalam kasus warna dan logo Cardiff. Tan mengubah identitas kaos Cardiff City dari biru menjadi merah pada 2013, tapi akhirnya dikembalikan menjadi biru pada Januari silam. Namun, pihak manajemen baru berjanji bahwa identitas dan kegiatan tidak akan diubah.

"Sejumlah pengaturan yang jelas telah dibuat untuk memastikan bahwa klub mempertahankan identitasnya, sedangkan manajemen harian dari klub tidak akan berubah," kata Choo.

"Semua perjanjian akan dihormati. Selain itu, Tan Sri Vincent Tan sangat senang dengan manajemen saat ini dan cara mereka menjalankan klub."

Tak seperti Cardiff, klub ini kabarnya tidak punya utang, sehingga boleh jadi itu adalah alasan kuat Tan untuk membelinya.