Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Pemerintah Spanyol Kecam Aksi Fan Barca dan Bilbao

By Tulus Muliawan - Minggu, 31 Mei 2015 | 13:15 WIB
Para fan Barca dan Bilbao saling mengibarkan bendera kebanggaan regional masing-masing. (Getty Images)

Partai puncak Copa del Rey yang mempertemukan Barcelona dan Athletic BIlbao berlangsung seru, Minggu (31/5) dini hari WIB. Empat gol tercipta dari permainan atraktif dan menghibur.

Namun, tidak demikian dengan yang dirasakan pemerintah Spanyol. Mereka justru mengirimkan teguran keras kepada kedua tim karena para fan mereka melakukan intimidasi terhadap lagu kebangsaan Spanyol.

Seperti biasa, sebelum laga dimulai lagu La Marcha Real diputar di stadion. Bukan ikut bernyanyi, mayoritas penonton justru menyuraki lagu kebangsaan Negeri Matador tersebut.

Seusai pertandingan, pemerintah SPanyol melayangkan surat teguran kepada kedua pihak melalui rilis pers. Isi surat tersebut berupa kecaman terhadap aksi yang dilakukan para fan di tribun Stadion Camp Nou, Barcelona.

"Menyertakan urusan politik dalam dunia olah raga adalah sebuah hal yang tidak pantas dilakukan. Kami mengutuk keras segala tindakan yang mengancam simbol-simbol negara (termasuk lagu kebangsaan," tulis rilis tersebut.

Seperti diketahui, Barcelona dan Bilbao berisi mayoritas komunitas yang anti pemerintah. Jika Barca akrab dengan komunitas Catalan, Bilbao banyak didominasi komunitas Basque.