Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Ini Alasan Mengapa Dyche Ideal untuk Sunderland

By Verdi Hendrawan - Sabtu, 30 Mei 2015 | 15:14 WIB
Sean Dyche (Jan Kruger/Getty Images)

Seperti yang dikabarkan oleh The Shields Gazette, Sunderland dikabarkan tertarik untuk menunjuk Sean Dyche sebagai manajer baru mereka. Hal ini dikarenakan penolakan Dick Advocaat yang berhasil menyelamatkan The Black Cats darijurang degradasi untuk menjadi manajer tetap.

Meski gagal membawa Burnley bertahan di Premier League 2014/15, namun Dyche bisa menjadi pilihan yang tepat bagi Sunderland. Manajer berusia 43 tahun itu cukup ideal untuk membawa The Black Cats menjadi tim yang lebih baik dengan kemampuannya menangani tim.

Pada 2013/14, Dyche berhasil membawa Burnley untuk kedua kalinya merasakan persaingan Premier League hanya dalam waktu dua musim sejak dirinya bergabung pada Oktober 2012. Manajer kelahiran Kettering, Inggris, itu berhasil menghadirkan kejutan dengan meloloskan The Clarets ke Premier League dengan raihan total 93 poin.

Namun, untuk bertarung di Premier League sepertinya terlalu dini bagi Dyche bersama Burnley. Terbukti dengan langsung terdegradasinya The Clarets setelah baru promosi, sama seperti yang terjadi pada 2009/10 lalu, di mana itu adalah musim pertama bagi Burnley lolos ke ajang Premier League dan tidak mampu bertahan dari degradasi.

Namun, ada beberapa hal yang akan membuat Dyche bisa membawa Sunderland lebih baik di musim mendatang. Lini tengah yang menjadi kunci permainan Dyche selama ini akan mebih mudah diterapkan bersama The Black Cats dengan materi dan pilihan yang lebih banyak dan lebih baik.

Selain itu, skuat Sunderland juga berada di level yang lebih tinggi jika dibanding dengan Burnley. Meskipun ada banyak permasalahan di lini pertahanan karena berisi para pemain tua dan juga pinjaman.

Wes Brom dan Antoine Reveillere yang sudah berusia 35 tahun ditambah kapten John O'Shea (34 tahun) bisa dibilang sebagai penyebab keterpurukan Sunderland. Jika hal ini tidakdibenahi, bukan tidak mungkin The Black Cats akan kembali bersusah payah menghindari jurang degradasi atau mungkin tenggelam di dalamnya karena mereka juga akan ditinggal oleh Sebastian Coates yang masa pinjamannya sudah berakhir dan kembali ke Liverpool.

Selain itu, Dyche juga akan memiliki dana transfer yang lebih besar di Sunderland untuk mendatangkan beberapa pemainnya di Burnley agar gaya bermainnya dapat lebih cepat diserap oleh pemain lainnya. Beberapa pemain penting The Clarets dapat didatangkan ke The Black Cats, seperti Danny Ings, Ben Mee, Kieran Trippier, Scott Arfield, Ashley Barnes, dan George Boyd yang akan memudahkan pekerjaannya di Stadium of Light.