Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Menelisik Isu Tidak Harmonisnya Neymar dan Suarez

By Firzie A. Idris - Jumat, 29 Mei 2015 | 17:55 WIB
Luis Suarez dan Neymar dalam sesi latihan Barcelona menjelang duel leg II semifinal Liga Champion kontra Bayern Muenchen. (Lars Baron/Bongarts/Getty Images)

Luis Suarez-Neymar di lini depan. Tridente ini bak monster berkepala tiga yang kapan saja bisa menghadirkan mimpi buruk bagi lawan-lawan mereka.

Trio MSN tercatat mengemas 117 gol sepanjang musim ini. Di kompetisi domestik semata, torehan 79 gol mereka sudah lebih banyak dibandingkan kontestan La Liga lain kecuali Real Madrid.

Namun, fakta ini tak otomatis menghilangkan suara sumbang. Selalu ada pihak yang berusaha mencari kesalahan Barca dan trio penyerang hebatnya itu.

Salah satu yang jamak terdengar adalah isu persaingan internal, terutama antara Neymar dan Suarez. Rumor tak kunjung reda kendati Suarez sudah dengan tegas menyebut bahwa kehadirannya adalah untuk melengkapi Messi dan Neymar, bukan mengambil alih posisi siapa pun.

Para pengkritik tersebut memakai statistik assist untuk mendukung klaimnya itu. Berdasarkan data yang dirangkum Factmint, memang belum sekali pun Neymar mengirim assist kepada Suarez sepanjang musim ini.

Sebaliknya, tercatat sudah delapan operan Suarez yang bisa dikonversi menjadi gol oleh Neymar. Karenanya, dua laga sisa Barca musim ini, yakni final Copa del Rey kontra Bilbao serta partai puncak Liga Champion versus Juventus, adalah kans terakhir Neymar untuk memberangus kritik.

Assist di antara Trio MSN sepanjang 2014/15