Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Mou: Xavi Aneh, tapi Pantas Menangi Ballon d'Or

By Verdi Hendrawan - Sabtu, 23 Mei 2015 | 19:42 WIB
Xavi Hernandez (Miguel Ruiz/Getty Images)

Jose Mourinho memberikan pujiannya kepada Xavi Hernandez yang telah memutuskan untuk hengkang dari Barcelona di akhir musim 2014/15. Meskipun manajer Chelsea itu juga menyebut sang gelandang sebagai sosok yang aneh.

Dalam 10 tahun terakhir, Xavi memang telah menjadi salah satu pemain terbaik di dunia. Ia telah memenangkan semua gelar di level klub bersama Barcelona dan kejuaraan antar negara bersama tim nasional Spanyol yang membuatnya layak menjadi peraih gelar Ballon d'Or.

"Saya sudah mengenalnya sejak ia berusia 16 atau 17 tahun dan baru promosi ke tim utama. Dia salah satu pemain terbaik dalam 10 tahun terakhir, namun tidak memiliki salah satu gelar yang paling pantas baginya, Ballon d'Or," kata Mourinho kepada Sport.

Sebagai mantan asisten Bobby Robson dan Louis van Gaal di Barcelona pada awal 90-an, Mourinho tentu mengenal banyak pemain Barcelona, baik yang senior dan junior, termasuk Xavi. Namun, pemain berusia 35 tahun itu seperti yang tidak mengenalnya.

"Saya tidak tahu kenapa, tapi dia seakan bertindak seperti tidak mengenal saya setiap kali orang bertanya tentang saya, jadi saya merasa sulit untuk berbicara tentang dia."