Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Hitung-hitungan Dortmund ke Pentas Eropa 2015/16

By Theresia Simanjuntak - Senin, 11 Mei 2015 | 20:05 WIB
Borussia Dortmund (Boris Streubel/Getty Images)

lahan, BVB merangkak di tangga klasemen.

Dalam lima pertandingan terkini di seluruh ajang, Dortmund memenangi empat laga dan imbang satu kali. Kemenangan terkini terjadi atas Hertha dengan skor 2-0, Sabtu (9/5).

Para bek Die Borussen unjuk ketajaman. Neven Subotic mencetak gol pada menit kesembilan, lalu Eric Durm menggandakan keunggulan tuan rumah pada menit ke-47.

Berkat hasil ini, Dortmund kini berpeluang mentas di Liga Europa 2015/16. Berada di posisi ketujuh, skuat besutan Juergen Klopp tertinggal dua angka dari peringkat 6 atau jatah terakhir ke LE, Schalke.

Yang unik, rentetan hasil positif Dortmund diraih setelah Klopp mengumumkan pada pertengahan April bahwa ia akan meninggalkan klub itu setelah tujuh tahun berada di Signal Iduna Park.

"Jika saya tahu bahwa kami akan memperlihatkan performa seperti ini, saya akan mengumumkan pengunduran diri saya pada awal musim!" begitu candaan Klopp, seperti dilansir Goal.

Pada dasarnya, tempat LE 2015/16 hampir pasti menjadi milik Dortmund karena wakil Jerman untuk ajang tersebut bukan cuma peringkat 5 dan 6 klasemen akhir, tapi juga kampiun DFB Pokal 2014/15.

Dortmund adalah finalis DFB Pokal musim ini bersama Wolfsburg, yang dipastikan ke Liga Champion 2015/16.

Jika Wolfsburg mengalahkan Dortmund di final DFB Pokal, sementara BVB berada di peringkat 7 klasemen akhir Bundesliga 2014/15, BVB berhak ke LE 2015/16.