Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

RETRO: Leverkusen Gaet Top Scorer Bundesliga

By Caesar Sardi - Kamis, 5 Maret 2015 | 13:45 WIB
Theofanis Gekas. (Juergen Schwarz/Getty Images)

Bintang baru selalu menjadi rebutan, seperti yang dialami Theofanis Gekas (26 tahun). Pencetak gol terbanyak Bundesliga hingga spieltag 30 dengan 18 gol itu diminati setidaknya oleh lima klub Jerman, yaitu Bayer Leverkusen, Wolfsburg, Hamburger SV, Hannover, dan Borussia Dortmund.

Namun, Gekas memilih untuk berlabuh di Bay Arena. Penyerang yang dipinjam Bochum dari Panathinaikos sejak Agustus 2006 ini dibeli Leverkusen dengan nilai transfer sebesar empat juta euro atau sekitar 49,5 miliar rupiah.

“Transfer ini merupakan kesempatan fantastis untuk meningkatkan karier saya. Bergabung dengan Leverkusen adalah langkah yang paling tepat,” ujar pemain yang setuju untuk menandatangani kontrak selama empat tahun bersama Leverkusen ini dalam situs berita Kicker.

Sukses Leverkusen menggaet Gekas diharapkan mampu menyelesaikan masalah di lini depan. Bukan rahasia lagi bahwa klub yang berpotensi tampil di Piala UEFA 2007/08 itu tengah berburu striker baru untuk menggantikan sang ujung tombak, Andriy Voronin, yang bakal bergabung dengan Liverpool mulai Juli mendatang.

Kendala Keuangan

Bochum bukan tidak berusaha mempertahankan aset mereka yang paling berharga tersebut. Penghuni Stadion Rewirpower itu sebenarnya bisa mengontrak Gekas secara permanen dengan hanya merogoh kocek sebesar 700 ribu euro atau berkisar 8,6 miliar rupiah.

Namun, jumlah tersebut masih terlampau tinggi bagi ukuran klub semenjana seperti Bochum.

“Kami telah mencapai batas keuangan klub. Kami tidak ingin kehilangan Fanis. Tetapi bukan tidak mungkin kami akan mengalami masalah jika bersikeras mempertahankannya,” jelas Direktur Eksekutif Bochum, Stefan Kuntz. “Lagipula, Fanis secara pribadi telah meminta izin untuk mengambil langkah penting bagi kariernya,” sebut Kuntz.

(Penulis: Wieta Rachmatia)