Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Liga Spanyol Ditunda Akibat Intervensi Pemerintah

By Wisnu Nova Wistowo - Kamis, 7 Mei 2015 | 04:15 WIB
La Liga dihentikan sementara per 16 Mei. (Gonzalo Arroyo Moreno/Getty Images)

Federasi Sepak Bola Spanyol (RFEF) berencana menghentikan seluruh kompetisi yang berada di bawah mereka per 16 Mei. Langkah ini diambil karena campur tangan pemerintah, termasuk masalah hak siar televisi.

RFEF resmi menunda kompetisi per 16 Mei. Bukan hanya La Liga, penghentian sementara juga terjadi divisi dua dan tiga Liga Spanyol. Final Copa del Rey yang mempertemukan Athletic Bilbao dan Barcelona juga akan ditunda.

Keputusan ini sangat mengejutkan karena kompetisi La Liga akan segera mencapai puncak. ingga saat ini, Barcelona masih memimpin klasemen La Liga di atas Real Madrid dengan selisih dua poin dari tiga laga tersisa.

Keputusan ini juga membuat publik sepak bola Spanyol kecewa berat. Pasalnya, penundaan ini akan berdampak langsung pada lebih dari 600 ribu pemain dan 30 ribu pertandingan di Negeri Matador.

Sebelumnya, pihak RFEF telah bertemu kubu pemerintah untuk membahas undang-undang baru mengenai hak siar televisi. Namun, belum ada komentar resmi dari pemerintah mengenai hal ini.

Seperti dikabarkan sebelumnya, sejumlah klub Spanyol menuntut pemerataan keuntungan hak siar yang selama ini hanya didominasi oleh Real Madrid dan Barcelona.