Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Persib Awali Piala AFC 2015 dengan Tiga Poin

By Suryo Wahono - Rabu, 25 Februari 2015 | 16:44 WIB
Piala AFC 2015 (Ilustrasi)

1.

Dukungan penuh dari ribuan bobotoh di Stadion Si Jalak Harupat membuat semangat pasukan Persib terlecut. Sejak wasit meniupkan peluit tanda pertandingan dimulai, mereka tak henti menggempur pertahanan New Radiant.

Terus menekan, Persib akhirnya mendapatkan gol pembuka di menit ke-15. Achmad Jufriyanto membuat tim tuan rumah unggul 1-0 setelah memanfaatkan bola liar di depan gawang New Radiant.

Persib terus rajin menyerang usai mencetak gol pertama. Di menit ke-18, Atep nyaris menggandakan keunggulan. Winger berusia 29 tahun itu mendapat ruang kosong di sisi kiri kotak penalti New Radiant dan kemudian melepaskan tendangan, tapi bola hasil
sepakannya melayang tinggi di atas gawang.

Gol kedua Persib lahir pada menit ke-43. Kali ini giliran Makan Konate yang mencatatkan namaya di papan skor. Konate menaklukkan kiper Akhmedov dengan sebuah tembakan keras menyusur tanah. Bola melewati celah kaki sang kiper dan meluncur mulus ke dalam gawang.

Tak lama berselang, papan skor kembali berubah. Gol dari Atep di masa injury time membuat selisih angka menjadi semakin lebar. Babak pertama ditutup dengan skor 3-0 untuk keunggulan tim tuan rumah.

Persib melanjutkan dominasi di babak kedua. Sementara itu, New Radiant masih kesulitan menciptakan peluang.

Winger Persib, M. Ridwan, menebar ancaman di area pertahanan New Radiant. Ia melewati satu pemain lawan dan langsung melepaskan tembakan keras dari sisi kanan kotak penalti, tapi bola berhasil diredam Akhmedov.

Di tengah tekanan bertubi-tubi, New Radiant akhirnya berhasil mendapatkan gol pertama pada menit ke-60. Wakil Maladewa memangkas selisih skor menjadi 1-3 setelah tendangan mendatar Asad Ali menggetarkan gawang Persib.

Gol New Radiant melecut semangat Persib. Skuat asuhan Emral Abus meningkatkan intensitas serangan.

Sejumlah peluang emas diciptakan anak-anak Maung Bandung. Namun, gol selalu urung terjadi karena buruknya sentuhan akhir.

Tantan memperoleh peluang sangat bagus pada menit ke-70. Striker mungil itu melepaskan tendangan mendatar di muka gawang New Radiant, tapi bola hasil tendangannya masih melebar.

Di masa tambahan waktu, Persib masih sempat menambah pundi-pundi gol. Yandi Sofyan, yang baru masuk lapangan, mengubah skor menjadi 4-1 usai memanfaatkan bola liar di mulut gawang. Ini emnajdi gol terakhir dalam pertandingan.

Persib Bandung Starting XI: I Made; Vujovic, Tony, Jufriyanto, Supardi; Atep, Dedi, M Ridwan, Hariono, Konate; Tantan.

New Radiant Starting XI:  Akhmedov; Sifan, Abdulla, Sunday, Ashadh, Moli, Macko, Akram, Hamza, Rasheed, Shafili.