Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Ayeyawady Cerdik Gagalkan Kemenangan Persib

By Tulus Muliawan - Kamis, 14 Mei 2015 | 11:30 WIB
Ayeyawady membuat Persib kesulitan di kandang sendiri. (Fernando Randy/Bolanews)

menit rawan menjadi penyebab kegagalan Persib meraih poin penuh pada laga pamungkas grup H Piala AFC 2015. Persib ditahan imbang Ayeyawady United 3-3 di Stadion si Jalak Harupat, Rabu (13/5).

Pelatih Persib, Emral Abus, menilai pemain Ayeyawady cerdik memanfaatkan situasi di lapangan, salah satunya melakukan serangan balik dari sisi kiri yang kerap ditinggalkan bek sayap Supardi yang aktif melakukan overlaping.

"Seperti yang sudah kami perkirakan, lawan memang banyak melakukan serangan balik melalui sisi kiri. Mereka tahu kita banyak melakukan serangan dar sisi kanan melalui Supardi dan Ridwan. Saat kita kehilangan bola mereka langsung menekan,” uujar Emral.

Pelatih asal Padang ini juga menyoroti masalah konsentrasi pemain asuhannya yang kerap buyar pada menit-menit rawan menjelang turun minum serta pada waktu tambahan. Akibatnya, Persib kemasukan pada menit 42 lewat kaki Riste Naumov dan satu lagi oleh Nay Lin Aung di waktu tambahan babak kedua. 

Tim Gila

Dari kubu Ayeyawady, pelatih Marjan Sekulovski memuji penampilan Riste Naumov dkk. yang bermain luar biasa dan berhasil menaham imbang tuan rumah  di hadapan ribuan pendukungya.

"Padahal kami tampil tanpa tujuh pemain inti.Empat pemain bergabung dengan timnas U-23,dua pemain masuk timnas U-20,dan satu pemain terkena larangan tampil karena akumulasi kartu,"tutur Marjan.

Ia mengatakan kepercayaan diri, motivasi, dan semangat pantang menyerah menjadi kunci keberhasilan mereka menahan imbang Maung Bandung. Tak heran jika mereka selalu bisa mengejar ketinggalan, seperti saat pertemuan  pertama dan melawan Lao Toyota FC.

“Kami ini tim gila, tidak pernah menyerah dan terus berjuang sampai pertandingan berakhir. Pada laga sebelumnya menghadapi Lao Toyota FC, kami sempat teringgal 1-2 dan bisa membalikan kedudukan menjadi menang 4-3.Sekarang pun kami selalu tertinggal tapi bisa mengejar," katanya.

Pelatih asal Masedonia ini mengakui Persib bermain lebih baik. Meski begitu taktik mereka berjalan dengan baik dan bisa mengimbangi taun rumah. Sayangnya Ayeyawady punya masalah di posisi bek kiri karena pemain intinya absen.