Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Juventus Akhiri Puasa Gelar Coppa Italia

By Wisnu Nova Wistowo - Kamis, 21 Mei 2015 | 04:22 WIB
Alessandro Matri cetak gol penentu kemenangan Juventus (Getty Images)

1 di final yang berlangsung di Stadion Olimpico, Kamis (21/5) dini hari WIB.

Di pertandingan ini Juventus begitu berambisi memenangi gelar yang sudah satu dekade tak pernah sukses diraih. Akan tetapi, justru Lazio yang lebih dulu tampil mengejutkan dengan mencetak gol cepat.

Baru empat menit pertandingan bergulir Lazio membuka keunggulan 1-0. Gol tersebut dicetak Stefan Radu dengan memanfaatkan umpan yang dilepaskan Danilo Cataldi dengan sundulan.

Kendati demikian Juventus tidak butuh waktu lama untuk bereaksi. Pada menit ke-11 La Vecchia Signora mampu menyamakan kedudukan 1-1.

Gol itu berawal dari eksekusi tendangan bola mati Andrea Pirlo dengan menyuplai bola ke dalam kotak penalti. Patrice Evra yang memenangi duel udara mengirimkan bola ke Giorgio Chiellini yang langsung melesakkannya ke dalam gawang Etrit Berisha.

Usai gol tersebut pertandingan berlangsung lebih alot meski Juventus lebih dominan. Skuat besutan Massimiliano Allegri berhasil memecahkan kebuntuan serangan pada menit ke-87.

Alessandro Matri menceploskan bola ke dalam gawang Lazio. Namun, gol tersebut dianulis wasit karena ia dianggap lebih dulu dalam posisi offside.

Hingga waktu normal babak kedua berakhir skor tetap imbang 1-1. laga pun harus dilanjutkan lewat perpanjangan waktu.

Juventus memastikan keluar sebagai juara Coppa Italia setelah Matri tampil sebagai penentu kemenangan. Penyerang berusia 30 tahun ini mencetak gol kemenangan 2-1 Juventus pada menit ke-97 dengan melepaskan sepakan jarak dekat.

Juventus pun akhirnya mewujudkan ambisi kembali menjuarai Coppa Italia usai kali terakhir menjadi kampiun pada 1994/95. Sukses tersebut juga menjadi yang ke-10 bagi Si Nyonya Tua.

Susunan Pemain
Juventus: 30-Marco Storari; 3-Giorgio Chiellini, 15-Andrea Barzagli, 19-Leonardo Bonucci; 6-Paul Pogba (Roberto Pereyra 78), 21-Andrea Pirlo, 23-Arturo Vidal, 26-Stephan Lichtsteiner, 33-Patrice Evrà; 10-Carlos Tevez, 14-Fernando Llorente (Alessandro Matri 84).

Lazio: 1-Etrit Berisha; 3-Stefan de Vrij, 8-Dusan Basta, 18-Santiago Gentiletti, 26-Stefan Radu (Mauricio 71); 16-Marco Parolo, 19-Senad Lulic, 32-Danilo Cataldi; 7-Felipe Anderson, 11-Miroslav Klose, 87-Antonio Candreva.