Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Ini Kiper yang Bikin Lionel Messi Tak Berdaya!

By Beri Bagja - Rabu, 6 Mei 2015 | 22:03 WIB
Neuer vs Messi di Liga Champion 2012/13 (ullstein bild/Getty Images)

Sosok Lionel Messi di Barcelona jelas menjadi inti fokus lini pertahanan Bayern Muenchen. Jerome Boateng cs. pun boleh berharap sihir Messi kembali pudar saat berhadapan dengan penjaga gawang mereka, Manuel Neuer.

Kehadiran Neuer bak jimat bagi pertahanan tim yang diperkuatnya untuk menangkal sihir Messi. Dalam tiga kali duel langsung di antara mereka, megabintang Argentina itu tak pernah sekali pun menjebol gawang Neuer! Pertemuan pertama terjadi di perempat final Piala Dunia 2010. Kala itu, Neuer yang mengawal gawang timnas Jerman mencatat hasil steril dengan kemenangan 4-0 atas Argentina-nya Messi.

Duel selanjutnya muncul di level klub pada semifinal I Liga Champion 2012/13. Messi tumpul di hadapan Neuer dan Barcelona takluk lagi 0-4 dari Muenchen. Pertarungan lebih akbar terjadi di final Piala Dunia 2014. Neuer dengan timnas Jerman sukses menaklukkan Argentina bersama Leo Messi. Gawang Neuer steril lagi karena negaranya menang 1-0.

Saat bertemu pada duel keempat mereka di Camp Nou, Rabu (6/5), Neuer ingin menjaga rekor apiknya kontra Messi. “Saya sangat menghormati Messi atas segala pencapaian yang dia raih. Namun, amat penting menunjukkan kekuasaan saat kami bertemu di lapangan dan memperlihatkan siapa bos yang sebenarnya,” kata Neuer.