Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Wasit Beri 5 Kartu Merah dalam 5 Menit

By Suryo Wahono - Selasa, 19 Mei 2015 | 03:28 WIB
Ramon Blanco, dianggap telah melakukan tugas dengan baik. (Depor.pe)

Seorang wasit di liga Peru telah memberi empat kartu merah buat pemain di lapangan, selain mengusir salah satu manajer. Kejadian itu berlangsung lima menit menjelang pertandingan usai. Ramon Blanco, sang pengadil, lantas dikawal polisi menyusul keributan antarpemain.

Itu adalah pertandingan antara Alianza Lima melawan Real Garcilaso. Pada menit ke-86,  kekacauan pecah mulai terjadi. Beberapa pemain memulai keributan sementara kedudukan 0-1 bagi Garcilaso. Blanco tak punya pilihan selain mengeluarkan empat kartu merah, dua di antaranya lantaran terkena dua kali kartu kuning.

Kartu merah pertama untuk gelandang Gabriel Costa membuat manajer Guillermo Sanguinetti protes keras, tapi diganjar kartu lainnya, disusul dua pemain lain akibat menyikut dan menendang pemain lain, yang membuat Marcos Miers dan Pablo Miquez kena kartu merah juga. Terakhir, Kristen Cueva diberi kartu merah karena mencoba menghentikan Blanco meraih kartu di sakunya.

Asosiasi Wasit Profesional Peru menyatakan bahwa tindakan Blanco sudah "benar" dan bahkan mengucapkan selamat kepadanya di halaman resmi Facebook.

Namun, tentu tak semua setuju dengan pendapat tersebut. Sebab, sang wasit di akhir pertandingan harus dikawal melalui sekelompok wartawan dan masuk mobil yang dikawan oleh mobil polisi dengan lampu berkedip.