Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

RETRO: Penghargaan untuk Pippo

By Caesar Sardi - Rabu, 29 April 2015 | 16:59 WIB
Filippo Inzaghi, meraih penghargaan Gaetano Scirea. (Getty Images)

16 Premio Nazionale Gaetano Scirea atau penghargaan nasional Scirea.

Pippo memperoleh 201 dari 338 suara yang masuk. Pemilih adalah para wartawan di seluruh Italia. Bek kanan Roma, Christian Panucci, dan bek tengah Inter, Marco Materazzi, berada di posisi kedua dan ketiga.

Prestasi paling menonjol dari Inzaghi pada musim lalu adalah mencetak dua gol ke gawang Liverpool di final Liga Champion. Pada laga itu, Milan menang 2-1. Ia juga mencetak gol penting ke gawang Bayern Muenchen di babak perempatfinal.

Inzaghi menerima penghargaan ini bukan hanya karena golnya di final Liga Champion. Ia dihormati karena bersikap profesional. Penyerang berusia 33 tahun ini tak pernah mengeluh meski sering dicadangkan pelatih Carlo Ancelotti. Ia juga memperlihatkan kesabaran saat harus istirahat lama karena cedera lutut.

Pippo akan menerima penghargaan ini pada saat digelarnya turnamen yang didedikasikan untuk Scirea pada 31 Agustus sampai 9 September mendatang di Cisinello Balsamo.

Tahun lalu, hadiah ini dimenangi Gianluca Pessotto, eks bek Juventus dan tim nasional Italia yang sempat koma karena berusaha bunuh diri pada musim panas 2006.

Scirea adalah eks pemain bertahan Juventus dan timnas Italia. Ia memenangi semua trofi kompetisi antarklub di tingkat nasional dan internasional yang diakui UEFA dan FIFA. Juara dunia 1982 ini meninggal dunia pada 1989 karena kecelakaan mobil di Polandia.

Saat masih bermain, Scirea dikenal sebagai bek yang menjunjung tinggi sportivitas. Ia tidak pernah menerima kartu merah atau dihukum sepanjang kariernya. Karena prestasi itu, sejak meninggal nama Scirea dikaitkan dengan berbagai turnamen junior dan penghargaan fair-play.

(Penulis: Riemantono)