Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

RETRO: Manchester United Bidik Asia

By Caesar Sardi - Rabu, 29 April 2015 | 21:01 WIB
David Gill, melepas Amerika. (Chung Sung-Jun/Getty Images)

cita Chelsea untuk menjadi klub terpopuler di dunia pada tahun 2013 tidak akan kesampaian. Langkah The Blues terus melakukan tur pramusim ke Amerika Serikat dinilainya tidak sestrategis agenda tur United ke Asia.

Menurut Gill, Asia dan Afrika adalah pasar besar yang tetap menjadi bidikan utama United sekarang dan di masa depan. Pendapat ini konsisten dengan fakta bahwa Red Devils selalu mendapatkan sambutan meriah tiap kali mendarat di bandara-bandara Asia ketimbang reaksi ademayem warga AS pada kedatangan Chelsea.

“Apakah gairah di Amerika akan sepanas yang ditunjukkan pasar Asia? Saya pikir tidak,” kata Gill pada Daily Star. “Untuk Afrika mungkin kondisinya sedikit bervariasi, tapi ada banyak penggemar United di Nigeria, contohnya, yang sanggup membayar mahal demi kedatangan kami di negerinya.”

Langkah selanjutnya United menurut versi Gill adalah melebarkan sayapnya ke wilayah Korea Utara. Hal ini jelas terinspirasi oleh antusiasme 65 ribu warga Korea Selatan yang menyesaki laga uji coba antara United dengan FC Seoul pekan lalu.

Gill pun menyebut bahwa rencana besar di atas sejalan dengan apa yang dipikirkan Sir Alex Ferguson. Namun, bagaimana dengan pendapat pihak keluarga Glazer sebagai pemilik United yang berasal dari AS?

Keluarga Glazer ternyata sepakat dengan Gill untuk fokus pada pasar Asia dan Afrika ketimbang berebut popularitas dengan Chelsea di Amerika. Entah apa jawaban dari pihak The Blues sendiri menghadapi argumen Gill di atas. Kita tunggu saja reaksi dari petinggi Chelsea, Peter Kenyon, berikutnya.

(Penulis: Darojatun)