Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Menilik Pembelian Cerdik Jose Mourinho

By Zulfirdaus Harahap - Senin, 4 Mei 2015 | 14:38 WIB
Jose Mourinho (Clive Mason/Getty Images)

Chelsea baru saja mengukuhkan diri sebagai kampiun Premier League 2014/2015. The Blues tampil kokoh di puncak klasemen sejak bergulirnya musim.

Hingga pekan ke-35, Chelsea tercatat baru kalah dalam dua laga Premier League. Klub asuhan Jose Mourinho itu terbukti kuat di semua lini.

Manajer berpaspor Portugal itu rupanya sudah menyiapkan skuat impiannya sejak kedatangannya di awal musim 2013/2014. Mourinho pun kala itu tak mau menjanjikan gelar di periode keduanya di Stamford Bridge.

Prediksi Mourinho tepat, Chelsea puasa gelar dan finis di urutan ketiga klasemen kala itu. Namun, semusim berselang The Blues berhasil menggondol dua gelar yakni Piala Liga dan Premier League.

Mourinho mendatangkan sejumlah pemain yang musim ini menjadi sosok penting kesuksesan Chelsea. Sederet nama semisal Diego Costa, Filipe Luis, Cesc Fabregas, Thibaut Courtois, Loic Remy, hingga Diego Costa diboyong ke Stamford Bridge.

Enam bulan sebelum musim baru itu, atau tepatnya pada Januari 2014 Mourinho mendatangkan Nemanja Matic dan Kurt Zouma. Dua nama terakhir terbukti menjadi benteng kokoh Si Biru.

The Special One memang dikenal sebagai sosok yang ahli dalam melakukan pembelian. Terbukti dengan dana yang tak terlalu besar, Mourinho berhasil menyulap Chelsea sebagai tim terbaik musim ini di Premier League.