Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Lima Tahun Bersama, Azarenka Berpisah Sam Sumyk

By Eko Widodo - Jumat, 20 Februari 2015 | 13:47 WIB
Sam Sumyk dan Victoria Azarenka, berpisah. (Getty Images)

Lima tahun kebersamaan Victoria 'Vika' Azarenka dengan pelatih Sam Sumyk berakhir. Pekan ini, Sumyk tak lagi melatih petenis cantik asal Belarusia itu.

Vika mendapatkan dua gelar grand slam bersama Sumyk dan menjadi nomor satu dunia. Cedera dan masalah pribadi di 2014 membuat peringkat Vika melorot ke 50 besar.

"Saya terkejut saat Sumyk memutuskan mengakhiri hubungan kerjasama ini, usai kekalahan saya di ronde keempat Australia Terbuka lalu," kata Vika kepada New York Times. "Saya sedih dan tidak bisa melupakan kebersamaan itu."

Sumyk sekarang menangani petenis muda berusia 20 tahun asal Kanada, Eugenie Bouchard. Bouchard berperingkat 7 dunia. "Saya tak mengejar uang. Saya mengejar kenyamanan," ucap Sumyk.

Sedangkan Vika, yang berlaga di Doha, dilatih Wim Fisette. Fisette adalah pelatih Belgia yang menangani Kim Clijsters dan Simona Halep. "Vika adalah salah satu petenis terbaik dunia. Saya ingin mengembalikan prestasinya. Ia bersemangat untuk kembali mendapatkan peringkat terbaik," ucap Fisette.

Fisette membawa Clijsters sukses saat comeback 2009-2011. Ia juga membawa Halep mencapai final Prancis Terbuka dan menempati peringkat 2 musim lalu. Fissette adalah kandidat pelatih petenis muda AS, Madison Keys namun Keys mendapatkan pelatih pas Lindsay Davenport dan Jon Leach.