Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Aksi Rasis Berujung Larangan ke Stamford Bridge

By Verdi Hendrawan - Jumat, 20 Februari 2015 | 02:46 WIB
Aksi rasis fan Chelsea di Paris Metro (The Telegraph)

benar terlibat.

Seperti yang diketahui, usai pertandingan leg petama babak 16 besar Liga Champion menghadapi Paris Saint-Germain di Paris, fan Chelsea melakukan tindakan rasis kepada dua orang sekaligus. Usai berhasil membuat seorang katurunan Asia keluar dari kereta, mereka juga tidak memperbolehkan seorang pria berkulit hitam untuk menaiki gerbong yang sama dengan mereka hingga mendorong pria tersebut beberapa kali.

Aksi yang dipercaya berbau rasis ini mendapat banyak kecaman dari media di Prancis dan juga Inggris. Chelsea sebagai pihak yang juga harus bertanggung jawab langsung bertindak tegas dengan membuat keputusan yang cepat sambil menunggu investigasi dari kepolosian.

"Chelsea Football Club memberikan sanksi larangan mengunjungi Stamford Bridge kepada tiga orang yang terlibat sebagai hasil dari penyelidikan atas insiden di atas Paris Metro pada Selasa malam (waktu setempat)," tulis ofisial Chelsea di situs resmi klub.

"Jika dianggap ada bukti yang cukup atas keterlibatan mereka dalam insiden itu, maka klub akan mengeluarkan perintah memberikan sanksi (tidak boleh mengunjungi Stamford Bridge) seumur hidup."

"Kami telah menerima banyak informasi penting sejauh ini atas banding dari saksi mata kami dan kami sangat berterima kasih kepada banyak pendukung Chelsea yang telah memberikan informasi sejauh ini. Kami juga terus bekerja sama sepenuhnya dengan polisi Metropolitan dan Paris yang memimpin investigasi kriminal yang sedang berlangsung."