Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Rio Berharap Start Baik di Feature Race

By Verdi Hendrawan - Jumat, 8 Mei 2015 | 23:13 WIB
Rio Haryanto, saat memacu mobilnya di Circuit Catalunya. (Sam Bloxham)

7 tercepat pada sesi latihan bebas, Rio Haryanto menjalani babak kualifikasi kejuaraan GP2 Series untuk menentukan urutan start feature race pada Sabtu (8/5) di Circuit Catalunya, Barcelona, Spanyol.

Tim Hilmer Motorsport kembali ke arena GP2 setelah absen di Bahrain. Jumlah peserta di grid kini genap berjumlah 26. Hal ini semakin meramaikan lalu lintas di sirkuit dan memberikan tantangan tambahan. Nampak beberapa pembalap harus membatalkan pengejaran lap time terbaik karena laju mereka terhambat oleh peserta lain.

Penentuan waktu turun ke lintasan sangat krusial untuk mendapat satu buah clean lap, satu putaran tanpa hambatan menjumpai mobil lain. Di menit-menit awal, Artem Markelov sempat berhenti di tengah-tengah tikungan 4 dan memaksa sesi untuk dihentikan sementara. Setelah pitlane kembali dibuka, rapatnya rombongan peserta terlihat di beberapa bagian trek.

Sebelum turun melaksanakan stint terakhirnya, Rio yang didukung oleh Pertamina sempat mengubah setelan suspensi mobilnya karena mengalami sedikit understeer. Rio lantas menutup sesi di posisi delapan, dengan catatan waktu terbaik 1:30,291 dari 9 lap.

Stoffel Vandoorne kembali merebut pole position dengan jarak 1,018 detik namun setidaknya Rio kembali mengungguli rekan setimnya Arthur Pic, yang berada di posisi ke-11. Kali ini Rio dan Arthur berjarak 0,12 detik.

Babak kualifikasi ini sendiri lebih baik dari pencapaian di Bahrain sebelumnya, dimana Rio bertenggar di urutan start ke-12. Seperti yang kita ketahui, Rio kemudian naik 10 posisi untuk finis ke-2 di feature race saat itu. Memakai grid terbalik untuk sprint race, Rio memulai lomba dari posisi 7 hingga akhirnya berhasil menjadi juara.

"Pada sesi latihan pagi hari, kecepatan mobil dalam jangka panjang sangat baik. Meski suhu udara dan lintasan berbeda dengan Bahrain, menjaga tingkat keausan ban akan kembali menjadi faktor penting," kata Rio.

"Di babak kualifikasi yang ketat, saya mungkin membutuhkan waktu lebih cepat sekitar 0,1 detik dan itu cukup untuk posisi start 3 besar. Saya berharap dapat melakukan start yang baik dan membawa pulang banyak poin dari Barcelona. Dukungan dari semua masyarakat Indonesia sangat berarti bagi motivasi saya."

Jadwal GP2 Series Barcelona:
Free Practice:
Jumat. 8 Mei 2015, 17:00 WIB
Qualifying: Jumat, 8 Mei 2015, 20:55 WIB
Race 1 (Feature Race): Sabtu, 9 Mei 2015, 20:40 WIB
Race 2 (Sprint Race): Minggu, 10 Mei 2015, 15:35 WIB