Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Sunderland atau Hull Menyusul ke Championship

By Senin, 11 Mei 2015 | 18:19 WIB
Pemain Hull, Dame N'Doye meluapkan kekecewaan saat timnya kalah melawan Burnley. (Laurence Griffiths/Getty Images)

36 Premier League 2014/15 memastikan terdemosinya Burnley dan QPR ke kasta kedua sepak bola Inggris, Divisi Championship.

Kemenangan 1-0 yang dipetik Burnley di kandang Hull menjadi percuma lantaran Sunderland, Leicester, dan Aston Villa meraup poin sempurna, sementara Newcastle mampu menambah sebiji poin.

QPR lantas bergabung dengan Burnley di lembah degradasi usai menelan kekalahan telak 0-6 dari Manchester City. Artinya, hanya tersisa satu jurang relegasi lagi yang masih bisa menyeret lima tim, yakni Hull, Newcastle, Sunderland, Leicester, dan Aston Villa.

Apakah Leicester bakal menemani Burnley dan QPR yang juga menjadi rekan promosi mereka ke EPL musim ini?

Sejarah tak mendukung terjadinya hal itu. Sepanjang sejarah EPL, fenomena tiga tim promosi langsung terdegradasi di musim pertama hanya terjadi pada 1997/98 (Bolton, Barnsley, Crystal Palace).

Lagipula, Leicester juga sedang dalam performa apik dengan memenangi enam dari delapan laga terakhir mereka. Sunderland dan Hull sepertinya akan menjadi calon terdepan pendamping duet Burnley-QPR.

Sunderland kudu bertempur melawan Leicester (Kandang), Arsenal (Tandang), dan Chelsea (T). Di lain sisi, Hull menatap duel dengan Tottenham (T) yang punya kepentingan mempertahankan posisi di zona Eropa serta Man. United (K) yang mengejar pos runner-up.