Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Rio Haryanto Nyaris Naik Podium Catalunya

By Tulus Muliawan - Minggu, 10 Mei 2015 | 00:15 WIB
Rio Haryantol, tampil bagus di Catalunya. (Rioharyanto.com)

to-wheel di lintasan Sirkuit Catalunya, Spanyol. Pebalap asal Surakarta dari tim Campos Racing itu finis di posisi keempat pada sesi feature race (balapan pertama) GP Spanyol, Sabtu (9/5).

Berbeda dengan strategi di Bahrain, Rio memakai ban berkompon lunak di awal balapan. Meski sempat meluncur dari sisi lintasan yang berdebu dan hingga empat mobil berjejer menuju tikungan pertama, penampilan Rio tetap stabil.

Mengawali balapan dari posisi ke delapan, Rio sempat berada di posisi ketiga ketika para pebalap di depannya masuk ke pit stop, yang merupakan salah satu aturan wajib di pentas GP2 Series.

Rio baru masuk pit pada lap 10 untuk memasamg ban berkompon keras. Namun, kendala teknis matinya Drag Reduction System (DRS) sempat membuat Rio kesulitan menyalip para pebalap di depannya.
 
Sepuluh lap jelang finis, situasi berubah. Rio mulai menunjukkan aksinya. Meski terhalang masalah teknis, perlahan tapi pasti Rio beranjak naik berkat manuver yang ia tunjukkan.

Akhirnya, Rio menutup balapan pertama di urutan keempat. Dengan hasil ini, Rio kini masih berada di urutan kedua klasemen dengan torehan 45 poin. Rio akan memulai sprint race (balapan kedua) Minggu (10/5) dari posisi lima.