Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Dua Gol Aneh Bawa Sunderland Jauhi Zona Degradasi

By Verdi Hendrawan - Sabtu, 9 Mei 2015 | 21:09 WIB
Selebrasi gol Jermain Defoe (kiri), saat mencetak gol kedua Sunderland ke gawang Everton. (Ian Horrocks/Getty Images)

36 Premier League saat bertandang ke Goodison Park menghadapi Everton. The Black Cats sukses meraih kemenangan penting 2-0 berkat dua gol aneh.

Sebagai tim tuan rumah dengan materi pemain yang lebih baik, Everton jauh lebih banyak menguasai pertandingan. The Toffees pun mampu menciptakan banyak peluang, namun sebagian besar berhasil diantisipasi oleh Costel Pantilimon yang tampil hebat dan berhasil menjadi pemain terbdik di laga ini.

Sunderland yang lebih banyak bertahan, hanya mampu sesekali melakukan serangan, terutama melalui skema serangan balik. Namun, skema tersebut lah yang justru membuat tim arahan manajer Dick Advocaat itu meraih kemenangan.

Gol pertama Sunderland lahir di menit ke-53 melalui Danny Graham. Striker Inggris berusia 29 tahun itu berhasil mencetak gol pertamanya di Premier League musim ini dengan membelokkan sepakan Jordi Gomez yang sukses mengecoh Tim Howard.

Begitu pun dengan gol kedua Sunderland yang lahir di menit ke-85 melalui Jermain Defoe. Striker Inggris berusia 32 tahun itu juga berhasil membelokkan sepakan keras Adam Johnson dengan betisnya di depan gawang Everton tanpa terperangkap jebakan off side.

Kemenangan 2-0 punbertahan hingga akhir pertandingan dan membuat Sunderland akhirnya berhasil keluar dari zona degradasi setelah sekian lama terperosok dan langsung terbang ke posisi 14 dengan 36 poin. Sedangkan bagi Everton, ini adalah kekalahan kedua mereka setelah menghancurkan Manchester United di pekan ke-34.