Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Foto Lionel Messi Mendapat Anugerah Terbaik 2014

By Peksi Cahyo Priambodo - Jumat, 13 Februari 2015 | 00:09 WIB
Lionel Messi, si fenomena dari Argentina yang nyaris merebut gelar juara dunia. (World Press Photo)

Lionel Messi dan Argentina begitu dekat untuk memenangi gelar jawara Piala Dunia musim panas lalu, tapi dikalahkan Jerman di final. Salah satu foto Messi, di mana dia sedang memandangi trofi FIFA World Cup mendapat anugerah foto terbaik 2014 oleh World Press Photo.

World Press Photo adalah organisasi independen nirlaba yang berbasis di Amsterdam. Mereka rutin menyelenggarakan kontes foto terbesar di dunia dan dianggap salah satu yang paling bergengsi.

Akan tetapi, foto terbaik yang menangkap momen Messi tersebut ternyata justru ditangkap oleh seorang fotografer media ekonomi Tiongkok, yaitu Bao Tailiang dari Chengdu Economic Daily. Dia dengan sempurna menangkap momen emosional Messi, yang kemudian digelari foto olah raga terbaik 2014.

Foto itu berjudul "Laga Terakhir".

Di tempat kedua, ada Al Bello dari Getty Images, yang menangkap momen di American Football, tangkapan Odell Beckham untuk New York Giants saat melawan Dallas Cowboys.

Di tempat ketiga ada momen muram yang diabadikan oleh Mark Metcalfe tentang pemain kriket, Phillip Hughes sedang dibantu beberapa orang di lapangan setelah terkena bola. Hughes akhirnya meninggal dua hari setelah foto tersebut diambil.