Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

United Ekspansi ke Layanan WeChat Tiongkok

By Suryo Wahono - Senin, 27 April 2015 | 22:32 WIB
Pengumuman resmi Manchester United di halaman Facebook. (Facebook/ManUtd)

Manchester United telah mengumumkan ekspansinya ke wilayah Timur Jauh, khususnya Tiongkok. Mereka kini hadir di WeChat, platfor aplikasi obrolan terbesar dan tercepat di Negeri Tirai Bambu.

Fitur United dalam layanan bahasa Tiongkok itu memungkinkan pengguna mengakses berita-berita seputar Manchester United, selain video dan gambar, langsung ke dalam ponsel dan berbagi dengan teman-teman sejaringan.

Peluncuran layanan di WeChat tersebut adalah penguatan posisi merek dagang mereka di media sosial Tiongkok. Manchester United saat ini adalah klub sepak bola yang paling banyak diikuti di Sina Weibo dan Tencent Weibo, dua platform media sosial paling populer di Tiongkok, yang dipakai oleh sekitar 13 juta pengguna.

Sementara itu, WeChat, yang dikembangkan oleh Tencent dan diluncurkan pada 2011, merupakan salah aplikasi obrolan terbesar di dunia dengan lebih dari 396 juta pengguna aktif bulanan di seluruh dunia. Situs ini dikembangkan untuk para pengguna ponsel pintar dan tablet, selain PC dengan menyediakan layanan mengobrol, kirim pesan, dan gim-gim sosial.

"107 juta pengikut klub di Tiongkok telah menunjukkan semangat besar buat United, dengan membuat klub kami paling banyak diikuti pada platform yang ada, dan saya yakin layanan WeChat baru ini akan mengalami kesuksesan yang sama dan membantu membawa penggemar lebih dekat dengan klub," kata pernyataan resmi Manchester United's Group Managing Director, Richard Arnold di situs resmi klub.