Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Kiper Ini Mencatat Clean Sheet ke-101 di EPL

By Indra Citra Sena - Selasa, 21 April 2015 | 00:53 WIB
Joe Hart, menjadi salah satu faktor penentu kemenangan Manchester City. (Clive Brunskill/Getty Images)

elukan oleh fan sebagai pahlawan kemenangan Manchester City atas West Ham, Minggu (19/4). Maklum, striker berkebangsaan Argentina itu tampil bagus serta turut menyumbang gol pada menit ke-35.

Kendati begitu, publik Etihad sebaiknya juga memberikan apresiasi kepada Joe Hart. Tanpa reaksi cepat dari sang kiper, blunder fatal yang dilakukan Martin Demichelis di pertengahan laga tentu bakal berujung gol penyeimbang kedudukan.

Demichelis bermaksud mengoper bola kepada Hart. Hanya, operan bek berusia 34 tahun itu terlalu lemah sehingga berhasil dicuri oleh striker West Ham, Carlton Cole, yang segera melancarkan dribel ke dalam kotak penalti.

Hart mengambil keputusan tepat dengan merangsek ke luar dari sarangnya guna menutup ruang tembak lawan. Alhasil, tembakan Cole sanggup ia mentahkan dan gawang City pun terhindar dari kebobolan. 

Aksi heroik Hart tersebut bukan satu-satunya yang terjadi sepanjang pertandingan. Berdasarkan statistik di situs Who Scored, dia mencatat tiga penyelamatan plus sekali memotong umpan silang lawan.