Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Lewati Raksasa Tiongkok, Owi/Butet ke Final

By Ade Jayadireja - Sabtu, 25 April 2015 | 15:45 WIB
Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir. (Erly Bahtiar/Bolanews)

Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir berhasil menjejakkan kaki di final Kejuaraan Asia 2015. Kepastian itu mereka dapat usai menaklukkan ganda campuran terbaik Tiongkok, Xu Chen/Ma Jin, dalam partai semifinal yang berlangsung pada Sabtu (25/4).

Kemenangan tersebut terasa spesial lantaran didapat di kandang lawan, Wuhan Sports Center Gymnasium. Tontowi/Liliyana mengalahkan pasangan andalan tuan rumah dengan dua gim langsung (21-12 dan 21-15) dalam tempo 42 menit.

Di gim pertama, sempat terjadi pertarungan sengit sampai kedudukan imbang 7-7. Owi/Butet segera melepaskan diri dari tekanan. Setelah menambah satu angka, mereka memimpin perolehan poin sampai akhirnya menyentuh angka 21.

Tontowi/Liliyana sempat tertinggal 0-2 di awal gim kedua. Setelah membalikkan keadaan menjadi 9-8, kemudian memperlebar selisih jadi 19-15, ganda campuran kebanggaan Indonesia berhasil menambah dua poin terakhir untuk menuntaskan perlawanan Xu/Ma.

Di partai puncak, Minggu (26/4), Tontowi/Liliyana akan berhadapan dengan wakil Hong Kong, Chun Hei Reginald Lee/Hoi Wah Chau.