Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Van Gaal Jelaskan Kenapa RVP Diganti di Menit-66

By Suryo Wahono - Kamis, 5 Februari 2015 | 06:44 WIB
Robin van Persie, langsung masuk terowongan usai diganti. (Getty Images)

66 saat partai Piala FA melawan Cambridge Untied. Ada apakah? Sejumlah pendukung sempat risau lantaran mereka mengira RVP cedera atau mungkin Van Gaal kecewa. Namun, pelatih asal Belanda tersebut menjelaskan bahwa itu hanya soal taktik.

Begitu Van Persie diganti, dia langsung pergi masuk terowongan, seperti saat melawan Southampton bulan Januari lalu, yang kemudian menimbulkan spekulasi bahwa hal itu untuk mencegah cedera atau karena belum juga mencetak gol. Namun, penggantian dirinya hanyalah substitusi yang direncanakan, bukan sesuatu yang dipaksakan oleh Van Gaal.

"Saya sudah bilang [kepada Robin] di babak pertama, 'Saya akan mengganti setelah 60-70 menit karena saya ingin kamu bermain melawan West Ham United'," kata Van Gaal menjelaskan di situs resmi United.

"Sulit bermain di tiga pertandingan dalam sepekan. Saya telah memberikan istirahat kepada lima pemain. Saya pikir bahwa ketika kita telah menang, setelah pertandingan saya bisa bilang itu adalah keputusan yang sangat bagus. Saya memberi Van Persie istirahat dan juga Di Maria, dan saya memberikan kesempata Ashley Young untuk bermain karena dia telah pulih."

"Di babak kedua, saya pikir kami bermain lebih baik," kata sang manajer. "Kami menciptakan banyak peluang tapi tidak mencetak gol. Robin van Persie punya empat peluang untuk mencetak gol, namun [secara umum] Saya senang."

Dengan kepastian turunnya Van Persie di lini depan melawan West Ham akhir pekan ini, Wayne Rooney mungkin dipasang di lini tengah lagi untuk mengakomodasi duet Radamel Falcao dengan Van Persie, mengingat tiga striker sejauh ini tampaknya bukan sesuatu yang ingin diterapkan oleh LVG.