Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Srikandi Terbaik Indonesia di Pentas Olah Raga

By Ade Jayadireja - Selasa, 21 April 2015 | 17:20 WIB
Susi Susanti (AFP)

Selasa (21/4), Indonesia memperingati Hari Kartini, hari yang menandakan lahirnya emansipasi wanita. Seiring perkembangan zaman, emansipasi juga terjadi di dunia olah raga.

Bila dulu olah raga macam bulu tangkis, angkat besi, dan tenis hanya didominasi pria, kini kaum hawa pun sudah mulai terlibat. Bahkan beberapa dari mereka telah berhasil berprestasi.

Berikut ini adalah lima atlet wanita Indonesia yang sukses menorehkan tinta emas di pentas olah raga dunia. Siapa saja mereka?

1. Lis Andriana


Nama Lis Andriana mungkin masih asing di telinga pecinta olah raga Indonesia. Wanita asal Kutai ini adalah atlet paralayang dan ia telah mengharumkan Merah Putih setelah merebut gelar juara dunia ketepatan mendarat di ajang Paragliding Accuraci World Cup (PGAWC) 2013.

Ini menjadi gelar PGAWC kedua bagi Lis. Ia mencatatkan prestasi serupa di edisi sebelumnya, 2012.


2. Liliyana Natsir


Para pecinta olah raga di Indonesia tentu tak asing dengan nama Liliyana Natsir. Wanita asal Manado inilah yang membuat harum Merah Putih di pentas bulu tangkis.

Bersama Tontowi Ahmad di sektor ganda campuran, Liliyana berhasil mencatatkan hattrick juara di ajang All England (2012, 2013, 2014). Di ganda putri pun, ia menjadi juara Tiongkok Terbuka 2007 dan Indonesia Terbuka 2008 bersama Vita Marissa.

3. Yayuk Basuki


Di cabang olah raga tenis, Indonesia punya Yayuk Basuki. Ia menjadi satu-satunya petenis tunggal putri Tanah Air yang meraih posisi tertinggi di ranking dunia, yaitu di urutan 19.

Yayuk meraih emas di sektor tunggal putri dalam ajang Asian Games 1998. Wanita kelahiran Yogyakarta ini juga menghasilkan dua keping emas di ajang serupa pada tahun 1990 melalui sektor ganda putri dan ganda campuran.

Selama kariernya, Yayuk mencatatkan kemenangan atas petenis-petenis hebat dunia macam Martina Hingis, Amelie Mauresmo, Mary Joe Fernandez, dan Lindsay Davenport. Satu lagi catatan prestasi Yayuk, yaitu mencapai perempat final Wimbeldon 1997.

4. Lisa Rumbewas


Lisa Rumbewas merupakan atlet angkat besi putri terbaik yang pernah dimiliki Indonesia. Total ada empat medali yang ia peroleh dari ajang Asian Games, Kejuaraan Dunia, sampai Olimpiade.

Lisa menghasilkan dua keping perak dari ajang Olimpiade 2000 dan 2004. Dua perak lainnya didapat dari dari Kejuaraan Dunia 2006 dan Asian Games nomor 48kg.

5. Susi Susanti


Inilah ratu bulu tangkis Indonesia. Lewat olah raga tepok bulu, Susi Susanti membawa Indonesia berjaya pada masanya.

Prestasi Susi yang paling mengilap adalah memenangi medali emas Olimpiade 1992. Sedangkan di panggung All England, wanita kelahiran 11 Februari 1971 itu mengoleksi empat gelar juara yang masing-masing didapat pada tahun 1990, 1991, 1993, dan 1994.

Di ajang beregu pun, Susi pernah menorehkan tinta emas. Ia dua kali membawa Indonesia menjadi kampiun Piala Uber (1994 dan 1996).